ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERMEN SATEJELLY DENGAN METODE SWOT DAN QSPM DI CV. XYZ

Authors

  • Rudi Univ Bhayangkara Jakarta raya Author

Keywords:

SWOT QSPM IFAS EFAS

Abstract

Penelitian ini tentang menurunnya penjualan permen sate jelly di CV. XYZ Penelitian ini untuk mengidentifikasi apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan penjualan serta menentukan strategi alternatif apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasinya permasalahan yang dihadapai CV. XYZ. Target penjualan tidak pernah tercapai pada tahun 2023, karena tidak tercapainya target penjualan dikarenakan menurunnya daya beli konsumen dan kondisi persaingan pasar yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor IFAS faktor EFAS, menganalisis strategi penjualan dan mengetahui tindakan yang diambil dalam peningkatan nilai jual. Metode yang digunakan dengan pendekatan metode SWOT dan metode QSPM. Hasil penelitian ini diperoleh total skor matrik IFAS yaitu sebesar 6,185, sedangkan matrik EFAS yang diperoleh yaitu sebesar 6,330, posisi CV. XYZ terletak pada kuadran IV yaitu posisi diffensive, maka dari itu didapatkan urutan strategi penjualan berdasarkan hasil metode QSPM Memperluas jangkauan pasar (SO), memberikan diskon dan promosi yang terjadwal agar menjalin kerjasama yang baik dengan pihak konsumen (WO), meningkatkan dan mempertahankan kualitas permen untuk memberikan kepercayaan terhadap konsumen (ST) dan memperbarui kemasan dengan design yang menarik agar menjadi ciri khas CV. XYZ (WT).

Published

2025-01-10