ANALISIS SWOT DAN QSPM UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MAIN FRAME DI PT UMPAMASA GUNA MANDIRI
Keywords:
Alternatif Strategi, IFAS, EFA, MAIN FRAME, SWOTAbstract
PT Umpamasa Guna Mandiri merupakan salah satu penyedia layanan jasa penyewaan yang bergerak di bidang kontruksi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data primer dan sekunder yang dimliki PT Umpamasa Guna Mandiri. Adapun permalahan yang ditemukan adalah adanya tingkat penurunan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Maka perlu dilakukan penelitian dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dengan memperhitungkan IFAS dan EFAS. Maka hasil dari mendapatkan nilai dari Strength 1.67, Weakness 1.47, Opportunities 2.37, Threats 1.17. Koordinat yang menunjukan bahwa grafik menunjukkan di I yaitu Aggressive, dimana hasil bahwa mempunyai kekuatan yang kuat dan menguntungkan karena perusahaan memiliki kekuatan internal yang bagus dan memiliki peluang yang baik untuk mengembangkan usahanya di bidang penyewaan. Nilai TAS tertinggi yaitu sebesar 5.32 yang berarti harus melakukan promosi di berbagai media guna menarik konsumen dengan menggunakan e-commerce dan platform, dan yang terakhir PT Umpamasa Guna Mandiri harus memberikan sanksi jika main frame yang disewakan rusak atau hilang dapat menggantinya dengan produk yang sama