Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM El’ez Bakeryshop Menggunakan Metode SWOT dan QSPM.
Abstract
Randi Hariadi 202010215200. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM El’ez Bakeryshop Menggunakan Metode SWOT dan QSPM.
El’ez Bakeryshop saat ini sedang mengalami tidak tercapainya target penjualan, dan belum memiliki strategi pemasaran yang pasti dan jelas, sehingga pada tahun 2022 sampai dengan 2023 mengalami target penjualan tidak terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari strategi pemasaran yang tepat bagi UMKM El’ez Bakeryshop. Untuk mencari strategi pemasaran, digunakan metode SWOT dan QSPM agar El’ez Bakeryshop dapat memenuhi target penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan matriks IFE dengan skor 3.849, dan skor matriks EFE yaitu 4. Untuk hasil dari analisis dengan metode SWOT, didapat 8 pilihan alternatif strategi yang bisa dipertimbangkan oleh pemilik UMKM El’ez Bakeryshop, kemudian hasil dari analisis menggunakan metode QSPM teridentifikasi satu strategi yang diutamakan yaitu membuat dan mengembangkan sistem promosi yang lebih efektif dengan memanfaatkan pertumbuhan digitalisasi sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas dengan skor TAS yang diperoleh yaitu 8,307.