Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang

Authors

  • Rahmayanti Dewi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangka Karawang, Indonesia
  • Resti Gustiawati Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangka Karawang, Indonesia
  • Rolly Afrinaldi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangka Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Keywords:

Implementasi, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 4 Karawang. Peneliaian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Observasi ini dilakukan di SMA Negeri 4 Karawang dengan populasi perwakilan kelas XI yang terdiri dari setiap kelasnya 1 orang untuk mewakili sebagai informan dengan jumlah 5 orang siswa dan 1 orang guru. Teknik sample yang digunakan yaitu Snowball Sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian dibagi menjadi 3 bagian yaitu; pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran yang selama ini digunakan sudah terselenggara dengan baik dan lancar. Model pembelajaran Problem Based Learning dikatakan kurang epektif dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Karawang, karena menurut guru yang bersangkutan siswa tidak semuanya mempunyai kemampuan yang sama terutama bagi siswa yang pemalas dan kurang aktif akan membuat siswa tersebut merasa jenuh serta kurang bersemangat pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Rahmayanti Dewi, Resti Gustiawati, & Rolly Afrinaldi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2). https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Issue

Section

Articles