Author Guideline

A. Lingkup Jurnal

Redaksi meneriman artikel/karya ilmiah/penelitian di Bidang Teknik Industri, yang meliputi: Desain dan Pengukuran Kerja, Penelitian dan Analisis Operasi, Analisis Ekonomi Teknik, Teknik Fasilitas dan Manajemen Energi, Rekayasa Kualitas & Realibilitas, Faktor Ergonomi dan Manusia, Teknik dan Manajemen Operasi, Manajemen Rantai Pasokan, Teknik Manajemen, Keselamatan, Rekayasa Informasi, Desain dan Pengembangan Produk, dan Desain dan Rekayasa Sistem

B. Bahasa

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan EYD

C. Susunan Naskah

 

Susunan naskah terdiri dari judul, abstract, abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar Pustaka.

 

ABSTRACT

Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, font Times New Roman dengan font size 11, spasi 1 berbentuk satu paragraph dengan maksimal kata 100-150 kata yang mencakup tujuan, metode, dan hasil dari jurnal. Kata Kunci: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (5-7kata)

PENDAHULUAN

Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, ulasan penelitan yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yg relevan dengan penelitian yang dilakukan.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian meliputi analisis permasalahan, arsitektur atau rancangan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Analisis permasalahan mendeskripsikan permasalahan yang ada dan diselesaikan dalam penelitian ini. Rancangan menggambarkan cara penyelesaian masalah dan sebaiknya disajikan dalam bentuk diagram dengan penjelasan yang lengkap. Misalnya diagram pemrosesan data, dari data mentah sampai selesai, diagram rancangan perangkat keras.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini berisi hasil-hasil penelitian atau eksperimen dan analisa hasil penelitian atau hasil eksperimen.

KESIMPULAN

Kesimpulan harus mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh dan kelebihan dan kekurangannya.

Kesimpulan berupa paragraf, tidak boleh berbentuk point-point atau bullet atau numbering. Kesimpulan dibuat dalam satu paragraf.

DAFTAR PUSTAKA

Pengacuan pustaka dilakukan dengan menuliskan nomor urut pada daftar pustaka dalam kurung siku, misalnya [1], [1,2], [1,2,3]. Pustaka yang dirujuk dalam naskah harus ada dalam Daftar Pustaka dan setiap pustaka dalam Daftar Pustaka harus dirujuk di naskah.

 

Pustaka yang dicantumkan minimal 10 dan hanya memuat pustaka yang diacu pada naskah tulisan, bukan sekedar pustaka yang didaftar. Pustaka ditulis sesuai urutan abjad penulis. Komposisi referensi yang digunakan harus terdiri dari minimum 80% referensi primer (jurnal, prosiding) dan maksimum 20% referensi sekunder (buku teks) yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir dan setiap artikel harus memiliki minimal sepuluh referensi. Tidak dibenarkan menggunakan Daftar Pustaka dari sumber di internet, kecuali yang bersifat official.

Penulisan referensi mengacu pada penulisan APA 6th Style

Attenberg, J. (2013). Active Learning For Imbalanced Problems. Class Imbalance and Active Learning, (iii), 101 – 151.

Elevli, S., & Elevli, B. “Performance measurement of mining equipments by utilizing OEE”. Acta Montanistica Slovaca, 15(2), (2010), 95.

Irianto,H.A. (2010). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Edisi keempat. Perenadamedia. Jakarta

Waqas, M. (2013). Measuring Performance of Mining Equipments Used in Cement Industry by Using Overall Equipment Effectiveness (OEE). MSc. Thesis, Department of Mining Engineering, University of Engineering & Technology, Lahore, Pakistan.

D. Teknik Penulisan

Penulisan naskah dilakukan dengan spasi/jarak 1 (satu) spasi, berbentuk dua kolom, Ukuran kertas A4, menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan Font 1. Turnittin Maksimal 20%

Semua gambar dan tabel yang anda masukkan dalam dokumen harus disesuaikan dengan urutan 1 kolom atau ukuran penuh satu kertas tanpa titik (.) , tanpa cetak tebal (Bold), ukuran font 10 untuk judul gambar dan tabel dan harus disertai dengan kalimat yang merujuk ke gambar/tabel tersebut, agar memudahkan bagi reviewer untuk mencermati makna gambar.

Penulisan persamaan mengunakan persamaan Microsoft Equation Editor atau MathType, ditulis ditengah, dan diberi nomor persamaan mulai dari (1), (2) dst. Tiap persamaan yang muncul harus disertai kalimat yang mengacu ke persamaan tsb.

E. Pengiriman Naskah

Setiap penulis harus mendaftar ke dalam sistem OJS Jurnal JIES. Penyerahan naskah secara online dalam sistem OJS Jurnal JIES,  ditulis mengacu Pedoman Penulisan, sesuai Template