Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Fata Nidaul Khasanah Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Herlawati Teknik Informatika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Seta Samsiana Fakultas Teknik, Universitas Islam 45 Bekasi
  • Rahmadya Trias Handayanto Fakultas Teknik, Universitas Islam 45 Bekasi
  • Anita Setyowati Srie Gunarti Fakultas Teknik, Universitas Islam 45 Bekasi
  • Irwan Raharja Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Maimunah Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Benrahman Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255

Keywords:

android, bisnis, covid 19, ecommerce, media sosial

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia meningkat pesat dari hari ke hari. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari perluasan area cakupan internet, peningkatan bandwidth internet, penggunaan teknologi internet dan komunikasi terbaru yang lebih cepat dan efisien, perkembangan ponsel pintar, munculnya berbagai macam media sosial dan ecommerce, serta semakin banyaknya masyarakat yang paham dan aktif menggunakan internet. Saat ini peranan teknologi informasi berpengaruh dalam dunia ekonomi khususnya dalam hal penjualan online atau dikenal ecommerce. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah sekelompok orang tua komite salah satu sekolah dasar swasta di Bekasi. Latar belakang dari pihak mitra memiliki sampingan usaha yang dilakukan secara mandiri dengan berbagai jenis bidang usaha seperti diantaranya makanan, pakaian, jasa laundry, kesehatan dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaannya jenis usaha yang dilakukan cenderung masih pasif dengan menunggu pesanan dari konsumen dan kurangnya pemanfaatan media sosial maupun ecommerce di era digital saat ini. Solusi yang diusulkan dengan melakukan suatu kegiatan pelatihan optimalisasi penggunaan perangkat smartphone dengan memanfaatkan media sosial dan ecommerce yang ada sebagi media pemasaran dalam mendukung peluang usaha di masa pandemic Covid 19. Kegiatan ini bertujuan untuk merubah pola pelaku usaha dari model pemasaran tradisional ke model pemasaran modern dengan memanfaatkan digital teknologi informasi. Dengan memanfaatkan digital teknologi informasi tersebut diharapkan kegiatan usaha yang dilakukan mampu meningkatkan margin keuntungan, pangsa pasar yang semakin meluas, volume penjualan meningkat dan biaya pemasaran yang dapat diminimalkan. Hasil penilaian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari sisi kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan sebesar 4,4 dilanjutkan untuk manfaat dari kegiatan sebesar 4,5 dan untuk manfaat dari materi yang disampaikan sebesar 4,4. Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,4 dari skala tertinggi 5.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-28

Issue

Section

Articles