Aplikasi Alat Pulse Neutron Loging Untuk Menentukan Zona Hidrokarbon Baru di Lapangan X

Authors

  • Eko Prastio Eko Teknik Perminyakan

DOI:

https://doi.org/10.31599/jaring-saintek.v2i2.318

Keywords:

Alat Pulse Neutron Logging, Hidrocarbon dalam Tubing

Abstract

Pengukuran Neutron Porosity pada sumur terbuka (Open Hole) ditujukan untuk mengukur indeks hidrogen yang terdapat pada formasi batuan. Indeks hidrogen didefinsikan sebagai rasio dari konsentrasi atom hidrogen setiap cm3 batuan terhadap kandungan air murni pada suhu 75oF.

Neutron Porosity log tidaklah mengukur porositas sesungguhnya dari batuan, melainkan yang diukur adalah kandungan hidrogen yang terdapat pada pori-pori batuan. Secara sederhana, semakin berpori batuan semakin banyak kandungan hidrogen dan semakin tinggi indeks hidrogen. Sehingga, shale yang banyak mengandung hidrogen dapat ditafsirkan memiliki porositas yang tinggi pula. Untuk mengantisipasi uncertainty tersebut, maka pada praktiknya, interpretasi porositas dapat dilakukan dengan mengelaborasikan log density logging.

Pengukuran diatas dilakukan pada sumur terbuka (Open Hole) untuk mengetahui respon dari litology, salinity, tipe fluida dan lain-lain. Sedangkan, pengukuran Neutron pada sumur tertutup (Cased Hole) akan sulit dan membutuhkan alat yang khusus.

Pada Tesis kali ini penulis ingin memberikan suatu metode penilian formasi dengan mengunakan alat Reservoir Tool Monitoring (RMT) yang dapat bekerja di dalam casing maupun di dalam tubing.

Kata Kunci : Alat Pulse Neutron Logging, Hidrocarbon dalam Tubing

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Asquith, G. and Gibson, C., 2008. Basic Well Log Analysis for Geologists. The American Association of Petroleum Geologists, Tulsa, Oklahoma, USA.
2. De Coaster, G.L..2005. The Geology of the Java Basin. Procced 3rd Ann. Conv IPA 3-4/6/1974: Jakarta, p 77-110.
3. Gingger, David dan Kevin Fielding. 2005. Petroleum System and Future Potential of South Sumatra Basin. Procced 30th Ann. Conv IPA 2005: Jakarta.
4. Jerome Truax, Daniel Dorffer and Shan Kwong. 2010. PULSED NEUTRON TOOL FOR UNCONVENTIONAL RESERVOIRS. SPWLA
5. Harsono, A., 2007. Evaluasi Formasi dan Aplikasi Log, Edisi-8. Schlumberger Oilfield Services, Kuningan, Jakarta, Indonesia.
6. Internal Study. 2010 . Pulse Neutron Process and Aplication . Halliburton Houston ,Texas.
7. INSITE Software User’s Manual version 4.x for Windows, Inc.
8. Salim, Y., et al., 2006. Remaining Potential of The Java Basin Study Report. South Sumatra AMI Study Group: Santa Fe Energy Resources S.E. Asia Limited, Anadarko Petroleum Corp., Kerr-McGee Corp.

Downloads

Published

2020-10-29