Analisis Studi Kelayakan Bisnis Fashion Muslimah “Galery Amanah” menggunakan Pendekatan Business Process Management (BPM)

  • iskandar zulkarnaen Universitas Bhayangkara Jakarta raya
  • Anggun Nur Azizah
  • Solihin
  • Paduloh
Keywords: Business Feasibility Study, Business Processes, Business Process Management (BPM), Business Process Management Notation (BPMN

Abstract

Galery Amanah adalah usaha yang bergerak di sektor pakaian muslimah wanita yang memiliki konsep syar’i, simple and comfortable. Galery Amanah hadir untuk memenuhi kebutuhan muslimah akan pakaian syar’i, selain itu Galery Amanah juga memiliki tujuan untuk meningkatkan ekonomi rakyat dengan membuka lapangan pekerjaan dengan menjadi reseller. Galery Amanah memasarkan produknya melalui media sosial seperti website pribadi dan akun media di beberapa platform penjualan. Skripsi ini berisi penelitian mengenai studi kelayakan bisnis yang ditinjau dari beberapa aspek yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek pesaing, aspek hukum, aspek teknis/produksi dan aspek finansial. Selain meninjau dari beberapa aspek tersebut, pembahasan yang ada menggunakan pendekatan metode Business Process Management (BPM). BPM memungkinkan perusahaan dapat mengetahui dan menilai apakah proses bisnis yang sekarang sudah berjalan efektif dan efisien serta melakukan improvement jika terdapat ketidaksesuaian. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan dari berbagai aspek bahwa Galery Amanah layak untuk dijalankan, dan dari hasil perhitungan hasil laba/rugi Galery Amanah bisa menghasilkan keuntungan minimal Rp21.000.000 per-tahunnya. Sedangkan hasil pendekatan metode Business Process Management (BPM) didapat beberapa proses bisnis tambahan (model to-be) dari hasil analisis dan penyederhanaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danang, Sunyoto. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Media Pressindo, Yogyakarta
Kasmir dan Jakfar. 2008. “Studi Kelayakan Bisnis”. Edisi kedua. Prenada Media, Jakarta Timur.
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. PT. Indeks, Jakarta.
Situmorang, Syafrizal H. 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Medan: USU Press.
Sulastri, Lilis. 2016. Studi Kelayakan Bisnis Untuk Wirausaha. LGM – LaGood’s Publishing.
Waluyo, Minto. 2010. Manajemen Perusahaan Industri. Sidoarjo: Dian Samudera.
Published
2020-10-29