Perbaikan Selisih Stock Gudang SMT Pada Sistem ERP Microsoft Dynamics AX Menggunakan Metode Fishbone

  • hana silvia dwi putri hana politeknik meta industri
Keywords: .

Abstract

Abstrak

Persediaan berperan penting mendukung lancarnya kegiatan produksi, pada gudang SMT PT. SDI terdapat permasalahan yang dapat mengganggu kelancaran produksi yaitu terdapat selisih stock aktual bahan baku dengan stock pada sistem ERP Microsoft Dynamics AX yang dapat menyebabkan kekosongan stock material (material shortage) namun terdapat permintaan material untuk produksi, sehingga dapat menyebabkan terhentinya proses produksi, perubahan schedule produksi, dan bahkan sampai tidak terpenuhinya keinginan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penyebab dan melakukan perbaikan terhadap selisih stock gudang SMT, metode Fishbone Diagram digunakan untuk menganalisa penyebab selisih stock agar dapat diketahui secara luas sampai ke akarnya, sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang tepat. Hasil penelitiannya adalah penyebab dan perbaikan selisih stock gudang SMT, penyebab dari faktor manusia yaitu rendahnya kemampuan tenaga kerja perbaikannya dengan memberikan edukasi dan training, admin produksi salah picking perbaikannya dengan membuatkan check sheet pengecekan picking list, dan pengiriman material yang tidak sesuai perbaikannya dengan double check hasil persiapan dan membuatkan list big part. Penyebab dari faktor metode meliputi proses pembuatan picking list yang salah dikarenakan diedit, perbaikannya dengan membuatkan master data picking list dan membuatkan bon permintaan pada material yang tidak dapat dikembalikan, sistem administrasi yang buruk perbaikannya dengan membuatkan rule format permintaan barang, double check bon, input bon H+1, dan memperbaiki selisih stock opname. Metode stock opname tidak beraturan perbaikannya dengan menentukan invoice utuh, membuatkan rule penyimpanan material, dan merapihkan transit stock. Perbaikan faktor machine saat sistem ERP tidak dapat digunakan dengan mengecek kesesuaian persiapan material dengan bon.

Kata Kunci : Manajemen Persediaan, Administrasi Gudang, Perbaikan Selisih Stock, Stock Opname, Sistem ERPMicrosoft Dynamics AX

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ahyari, A., 1990. Manajemen Produksi Pengendalian Produksi. A ed. Yogyakarta: BPFE UGM.
[2] Brady, J., Monk, E., & Wagner, B. (2001). Concept in Enterprise Resource Planning. Canada: Course Technology Thomson Learning.
[3] Dewi, Y. P., & Sepadyati, N. (2019). Manajemen Persediaan dan Peningkatan Akurasi Stock Bahan Baku. Jurnal Titra, Vol. 7, No. 2, 407–412.
[4] Enrico, T., & Felecia. (2015). Perbaikan Manajemen Sistem Gudang di PT. Dewata Cipta Semesta. Jurnal Tirta Vol 3, No 2, 190.
[5] Ristono, A., 2009. Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[6] Sapruwan, M. (2016, Mei). Penangan Selisih Persediaan Barang Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Citra Widya Edukasi Vol VIII No. 1, 59.
[7] Warman, J. (1971). Warehouse Management. London: William Heinemann Ltd
Published
2020-10-29