Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446Keywords:
Minat Belajar Siswa, Covid-19, Pendidikan JasmaniAbstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam mempraktekan pembelajaran penjas di rumah di Masa Pandemic Covid-19 Kelas X di SMAN 1 PASAWAHAN. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 PASAWAHAN dengan mengambil seluruh kelas X yang berjumlah 5 kelas. Namun, yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang siswa dari 5 kelas tersebut, yang masing-masing kelasnya diambil secara acak perkelas 8 0rang. Instrument yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Minat belajar siswa dalam mempraktekan pembelajaran penjas di rumah pada masa covid-19 SMAN 1 PASAWAHAN adalah tinggi dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada katagori tinggi dengan 13 siswa atau 32,5%. Minat belajar siswa dalam mempraktekan pembelajaran penjas di rumah pada masa covid-19 siswa SMAN 1 PASAWAHAN yang berkatagori sangat tinggi 4 siswa atau 10%, tinggi 13 siswa atau 32,5%, sedang 12 siswa atau 30%, rendah 8 siswa atau 20%, sangat rendah 3 atau 7,5%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). In Jakarta: Rineka Cipta (10th Ed.).
B, H., & Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima (Lima) (5th Ed.). Erlangga. Http://Stikesmajapahit.Ac.Id/Opac/Index.Php?P=Show_Detail&Id=2495
Dimyati, A., & Aminah, A. S. (2017). Pengaruh Fun Outbound Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada Siswa Kelas XI Di SMK Yisca Cilamaya Karawang. Seminar Nasional Riset Inovatif, 5, 153–158. Https://Eproceeding.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Senari/Article/View/931
Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Speed (Sport, Physical, 2(November), 44–51. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35706/Speed.V1i2.1731
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. Http://Jurnalrespirologi.Org/Index.Php/Jri/Article/View/101
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.26858/Jekpend.V1i1.5057
Kusumawati, M. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes: Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Cet. 1.) (1st Ed.). Alfabeta. Https://Onesearch.Id/Record/IOS6232.INLIS000000000009337
Musanna, A., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V2i1.529
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212–224. Https://Doi.Org/10.22216/Jbe.V5i2.5313
Nurdin, A., Perabunita, & Pasaribu, A. M. N. (2020). Pengaruh Media Audio Visual,Video Terhadap Penguasaan Gerak Dasar “Tendangan” Pencak Silat Pada Anggota Perguruan Cimande Desa Sukadamai Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Jurnal Speed (Sport, Physical …, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35706/Jurnal%20speed.V3i1.3562
P, A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V3i2.10012
Parwanto, M. (2020). Virus Corona (2019-Ncov) Penyebab COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(1), 1–2. Https://Doi.Org/10.18051/Jbiomedkes.2020.V3.1-2
Pasaribu, A. M. N., & Daulay, D. E. (2018). Pengaruh Permainan Lari Estafet Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Motorik Kasar Siswa Kelas 3 Sdn Karet Ii Kabupaten Tangerang. Prestasi, 2(4), 9–14. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jp.V2i4.11909
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The Role Of Rhythmic Gymnastics For Physical Fitness For Elementary School Students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 89–97. Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V5i1.12551
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 55–62. Https://Doi.Org/10.33369/Jk.V4i1.10347
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., Yunihastuti, E., Penanganan, T., New, I., … Cipto, R. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review Of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. Https://Doi.Org/10.7454/Jpdi.V7i1.415
Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan. Jurnal Motion, 9(1), 53–60. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/329442726_Makna_Dan_Peran_Pendidikan_Jasmani_Dalam_Pembentukan_Insan_Yang_Melek_Jasmaniahter-Literasi_Jasmaniahnya
Yuliana. (2020). Coronavirus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. Https://Wellness.Journalpress.Id/Wellness/Article/View/21026/Pdf