Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata kuliah Atletik Lanjutan

Authors

  • Jan Bobby Nesra Barus Pendidikan Olahraga, Universitas Quality Berastagi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.466

Keywords:

Google Classroom, Motivasi, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar pada mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran google classroom bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan atletik lanjutan pada prodi Olahraga di Universitas Quality Berastagi. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif, pengumpulan data dengan menggunakan alat bantu angket pada mahasiswa prodi olahraga dengan jumlah sampel sebesar 21 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi mahasiswa prodi olahraga yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran google classroom di Universitas Quality Berastagi signifikan termasuk pada kategori tinggi sebesar 76,19%. Perubahan cara belajar yang pada awalnya tatap muka menjadi daring yang diakibatkan karena COVID-19, sehingga mengakibatkan motivasi belajar mahasiswa mengalami perubahan perilaku. Oleh sebab itu, motivasi sangat dibutuhkan dalam setiap proses pembelajaran dalam perkuliahan oleh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abeysekera, L. Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research, Higher Education Research and Development. doi: 10.1080/07294360.2014.934336.

Adiat, K. A. N., Nawawi, M. N. M. Abdullah, K. (2012). Assessing the accuracy of GIS-based elementary multi criteria decision analysis as a spatial prediction tool - A case of predicting potential zones of sustainable groundwater resources’, Journal of Hydrology. doi: 10.1016/j.jhydrol.2012.03.028.

Andriani, R. Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.

Dai, D. Y. Sternberg, R. J. (2004) Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual development and functioning, Motivation, Emotion, and Cognition: Integrative Perspectives on Intellectual Functioning and Development. doi: 10.4324/9781410610515.

Dimyati, A. (2017). Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang’, Journal Sport Area. doi: 10.25299/sportarea.2017.vol2(2).1031.

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom’, Jurnal Inovasi Matematika. doi: 10.35438/inomatika.v1i2.156.

Hasniwati, H. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Di Sd Negeri 010 Talontam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). doi: 10.33578/pjr.v3i2.7015.

Ilyas, A., Wijaya, M. Danial, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 18 Bone (Studi Pada Materi Pokok Koloid. Chemistry Education Review (CER). doi: 10.26858/cer.v2i2.8721.

Khoiroh, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. doi: 10.21831/jpipfip.v10i2.13986.

Mózo, B. S. (2017). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut’, Journal of Chemical Information and Modeling. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Nirfayanti, N. Nurbaeti, N. (2019) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal. doi: https://doi.org/10.30605/2615-7667.211.

Paramitha, S. T. Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. doi: 10.17509/jpjo.v3i1.10612.

Ruslan (2011). Meningkatkan Kondisi Fisik Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Provinsi Kalimantan Timur. Ilara.

Santosa, D. T. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Sepeda Motor’, Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif.

Setiawan, H. R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017’, Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam. doi: 10.30596/intiqad.v9i1.1081.

Sudibyo, B. (2009). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Permendiknas.

Suhada, I. et al. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19, Digital Library UIN Sunan Gunung Jati.

Sunnah, Buwono, S. Uliyanti, E. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi). doi: 10.24127/ja.v3i1.144.

Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Personnel Review.

Yuliasari, A. (2013). Peran Dominan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Siswa Putri Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal (Studi pada SMA Dr. Soetomo Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Published

2021-05-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata kuliah Atletik Lanjutan. (2021). Journal Coaching Education Sports, 2(1), 41-54. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.466