Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran

Authors

  • Aser Paul Nainggolan Pendidikan Olahraga, Universitas Quality Berastagi, indonesia
  • Rizki Bastanta B Manalu Pendidikan Olahraga, Universitas Quality Berastagi, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515

Keywords:

Google Classroom, Efektifitas Pembelajaran

Abstract

Google classroom adalah media pembelajaran e-learning  dengan menggunakan sistem WebCT. Adanya Google classroom selama masa pandemi Covid-19 ini mampu berfungsi dalam memberikan kemudahan bagi sekolah-sekolah dengan sistem belajar dapat diakses kapan dan dimana saja tanpa harus tertatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan google classroom terhadap efektifitas pembelajaran di SMP Cahaya Pengharapan Abadi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan google classroom yang berjumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes belajar dan lembar angket tentang efektifitas pembelajaran dengan alat bantu angket yaitu google form. Analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda, kemudian diolah dengan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat hasil positif persepsi kemudahan, kemanfaatan  terhadap penggunaan google classroom di SMP Cahaya Pengharapan Abadi dengan nilai R-adjusted sebesar 0.475. Tingkat kemudahan yang diberikan oleh aplikasi google classroom akan memberikan respon yang positif oleh siswa terhadap penggunaan google classroom. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemudahan, kemanfaatan terhadap efektifitas pembelajaran dengan nilai R-adjusted sebesar 0.475. Artinya kemudahan dalam memanfaatkan google classroom akan mampu menyebabkan efektifitas pembelajaran. Kemudahan menjadikan motivasi bagi siswa untuk terus bersemangat mengikuti pembelajaran. Sedangkan guru mampu memberikan semangat dan dukungan bagi siswa agar tetap belajar walaupun dalam kondisi tidak bertatap muka. Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan google classroom terhadap efektifitas pembelajaran dengan nilai sebesar 0.244.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran . Journal Coaching Education Sports, 2(1). https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515

Issue

Section

Articles