Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515Keywords:
Google Classroom, Efektifitas PembelajaranAbstract
Google classroom adalah media pembelajaran e-learning dengan menggunakan sistem WebCT. Adanya Google classroom selama masa pandemi Covid-19 ini mampu berfungsi dalam memberikan kemudahan bagi sekolah-sekolah dengan sistem belajar dapat diakses kapan dan dimana saja tanpa harus tertatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan google classroom terhadap efektifitas pembelajaran di SMP Cahaya Pengharapan Abadi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan google classroom yang berjumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes belajar dan lembar angket tentang efektifitas pembelajaran dengan alat bantu angket yaitu google form. Analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda, kemudian diolah dengan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat hasil positif persepsi kemudahan, kemanfaatan terhadap penggunaan google classroom di SMP Cahaya Pengharapan Abadi dengan nilai R-adjusted sebesar 0.475. Tingkat kemudahan yang diberikan oleh aplikasi google classroom akan memberikan respon yang positif oleh siswa terhadap penggunaan google classroom. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemudahan, kemanfaatan terhadap efektifitas pembelajaran dengan nilai R-adjusted sebesar 0.475. Artinya kemudahan dalam memanfaatkan google classroom akan mampu menyebabkan efektifitas pembelajaran. Kemudahan menjadikan motivasi bagi siswa untuk terus bersemangat mengikuti pembelajaran. Sedangkan guru mampu memberikan semangat dan dukungan bagi siswa agar tetap belajar walaupun dalam kondisi tidak bertatap muka. Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan google classroom terhadap efektifitas pembelajaran dengan nilai sebesar 0.244.
Downloads
References
Ambarita, A, M., Hasan, S., & Ambarita, A. (2017). Penggunaan Model E-learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Microprocessor. IJIS - Indonesian Journal On Information System. Https://Doi.Org/10.36549/Ijis.V2i1.26
Arikunto, S. (2006). Data Penelitian Deskriptif. Management Penelitian Analisis.
Bagas Panca Pradana, D. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-EDU.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V8i1.2095
Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola Pada Pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga.
Eliyah, S., Isnani, & Utami, W. B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point. Jes-Mat.
Endah Wulantina, & Maskar, S. (2019). Development Of Mathematics Teaching Material Based On Lampungnese Ethomathematics. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i02.7493
Fitra, A., Sitorus, M., Parulian Sinaga, D. C., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan Dan Pengelolaan Google classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi. Https://Doi.Org/10.26418/Jplp2km.V3i2.42387
Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen. Https://Doi.Org/10.31294/Widyacipta.V4i2.8853
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam. Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V2i2.459
Mudamayanti, P., & Wiryanto. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google classroom Untuk Mengukurpencapaian Indikator Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V SD Di Tengah Situasi Lockdown Akibat Virus Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan PGSD.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V8i2.949
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019a). Pengaruh Media Pembelajaran Google classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online).
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30605/2615-7667.211
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar.
Septantiningtyas, N. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Kelas Profesional PGMI Google classroom. Edudeena.
Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektornik (E-learning ) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Unswagati.
Sinuraya, J. F. (2018). Hubungan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Ilmiah.
Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI. Https://Doi.Org/10.24002/Jik.V15i1.1243