Analisis Konsepsi Manajerial Dan Kompetensi Kepala Sekolah Berlatar Belakang Guru Olahraga Se-Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.529Keywords:
Analisis, Konsepsi Manajerial, Kompetensi Kepala SekolahAbstract
Kepala sekolah berlatar belakang guru olahraga dapat dinyatakan layak dan mampu menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai kepala sekolah. Kebijakan yang diambil kepala sekolah dalam bidang administrasi dan supervisi dilakukan dengan cara memberikan arahan, bimbingan dan sejumlah rangakaian kegiatan motivasi bagi guru yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran, kepegawaian, kemuridan, pengelolaan gedung dan halaman, pengelolaan keuangan, serta pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat agar tercipta suasana yang kondusif dan menyenangkan di lingkungan sekolah yang dapat memberikan mootivasi bagi guru dalam menjalankan tugasnya. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukkan bahwa kepala sekolah yang berlatar belakang guru olahraga telah menjalankan tugasnya dengan baik selaku pimpinan di sekolah. Motivasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dilakukan dengan cara memberikan dorongan bagi para guru dalam bidang administrasi, supervisi dan bidang pendidikan pengajaran. Kepala sekolah sudah memiliki kompetensi manajerial yang baik sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsi selaku kepala sekolah sudah sepatutnya fungsi-fungsi manajemen, melalui proses perencanaan, pelaksanaan program kerja dan evaluasi kegiatan program kerja dalam upaya meningkatkan kinerja guru terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah sebagai supervisor dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap guru-guru dan personel lain untuk meningkatkan kinerja mereka. Kepala sekolah sebagai supervisor bertugas mengatur seluruh aspek kurikulum yang berlaku di sekolah agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Aspek-aspek kurikulum yang harus dikuasai oleh kepala sekolah sebagai supervisor adalah materi pelajaran, proses belajar mengajar, evaluasi kurikulum, pengelolaan kurikulum, dan pengembangan kurikulum disekolah
Downloads
References
A. Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina, XIV(1), 71–95. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1669
Arikunto, S. (2006). Data Penelitian Deskriptif. Management Penelitian Analisis.
Cahyati, S., Kusumawati, I., & Irianto, D. P. (2020). Gaya Kepemimpinan Pelatih Hapkido Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Sport and Health, 1(2), 77–83. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/psikologi/index
Creswell, J., & Guetterman, T. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition.
Diana Darmawati, T., Rahayu, A. R., & R.C. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108–116. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17359
Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156
Guo, Y., Connor, C. M., Yang, Y., Roehrig, A. D., & Morrison, F. J. (2012). The Effects of Teacher Qualification, Teacher Self-Efficacy, and Classroom Practices on Fifth Graders’ Literacy Outcomes. The Elementary School Journal, 113(1), 3–24. https://doi.org/10.1086/665816
Imam Santosa, Sugiyanto, A. K. (2013). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Publik Di Kabupaten Kudus. Magister Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana UNS, 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/218326-kebijakan-pemerintah-tentang-penyediaan.pdf
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133
Pardimin. (2018). Analysis Of The Indonesia Mathematics Teacher’s Ability In Applying Authentic Assessment. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 37(2), 170–181. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18885
Pelana, R. (2017). Persepsi Atlet Terhadap Sdm Pplm Tentang Prestasi Atlet. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 765. https://doi.org/10.21009/gjik.072.03
Selvi, K. (2010). Teachers ’ Competencies. VII(1), 167–176.
Septiana, D. (2018). The influence of emotional intelegence, self-efficacy, and altruism on teacher’s competence in inclusion elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 147–156. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.14413
Serrano, J., Shahidian, S., Sampaio, J., & Leite, N. (2013). The importance of sports performance factors and training contents from the perspective of futsal coaches. Journal of Human Kinetics, 38, 151–160. https://doi.org/10.2478/hukin-2013-0055
Setiawan, S., & Dewi, L. (2019). Korelasi kompetensi pedagogik guru dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa jawa tingkat SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 75–88. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20146
Situmorang, A. S. (1987). Gaya Kepemimpinan Pelatih Olahraga dalam Upaya Mencapai Prestasi Maksimal. Jurnal Pendidikan Olahraga, 43(21).
Skaalvik, E. M., & Skaalvik, S. (2010). Teacher self-efficacy and teacher burnout: A study of relations. Teaching and Teacher Education, 26(4), 1059–1069. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.11.001
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Res. Dev. D.
Susilana, R. (2014). The Contribution of the Self-Efficacy of Curriculum Development Team and Curriculum Document Quality to the Implementation of Diversified Curriculum in Indonesia. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 2(3), 31–40.
Tsigilis, N., Grammatikopoulos, V., & Koustelios, A. (2007). Applicability of the Teachers’ Sense of Efficacy Scale to educators teaching innovative programs. International Journal of Educational Management, 21(7), 634–642. https://doi.org/10.1108/09513540710822229
Zee, M., & Koomen, H. M. Y. (2016). Teacher Self-Efficacy and Its Effects on Classroom Processes, Student Academic Adjustment, and Teacher Well-Being: A Synthesis of 40 Years of Research. Review of Educational Research, 86(4), 981–1015. https://doi.org/10.3102/0034654315626801