Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81Keywords:
Model, Passing, PengembanganAbstract
Banyaknya kelemahan dalam pertandingan sepakbola terutama kelemahan dalam hal mengoper bola menjadi salah satu kunci kegegalan suatu tim dalam bertanding. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bentuk latihan passing sepakbola. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan sampel mahasiswa PJKR UNIB. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uj-t dengan perhitungan melalui SPSS versi 16. Hasil uji-t menunjukkan bahwa koefisien signifikasi sebesar 0,000, koefisien ini dibandingkan dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan perbandingan ternyata koefisien signifikasi hitung lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05, sehingga dapat disimpulkan program latihan passing memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing mahasiswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis model latihan passing sepakbola telah memberikan pengaruh yang berarti terhadap kemampuan passing dari mahasiswa, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model latihan passing ini dapat digunakan kepada mahasiswa atau pelajar yang baru berlatih passing sepakbola.
Downloads
References
Hargreaves, J., & Pringle, A. (2019). “Football is pure enjoyment”: An exploration of the behaviour change processes which facilitate engagement in football for people with mental health problems. Mental Health and Physical Activity, 16(June 2018), 19–30. https://doi.org/10.1016/j.mhpa.2019.02.002
Maulana, A., Azhari, A., & Darmawan, A. (2018). Pengembangan Model Latihan Renang Berbasis Mobile Learning Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani ,. Bravo’s Jurnal, 6(4), 150–155. http://www.ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/article/view/973
Nasution, I. E., & Suharjana, S. (2015). Pengembangan Model Latihan Sepak Bola Berbasis Kelincahan Dengan Pendekatan Bermain. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 178–193. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6241
Pasaribu, A. M. N. (2016). Pengaruh Gaya Menagajar dan Motivasi Belajar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.510
Putranto, D., & Andriadi, A. (2019). Pengembangan Model Latihan Passing ADE Sepakbola. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 2(2), 73. https://doi.org/10.26858/sportive.v2i2.9514
Qader, M. A., Zaidan, B. B., Zaidan, A. A., Ali, S. K., Kamaluddin, M. A., & Radzi, W. B. (2017). A methodology for football players selection problem based on multi-measurements criteria analysis. Measurement: Journal of the International Measurement Confederation, 111, 38–50. https://doi.org/10.1016/j.measurement.2017.07.024
Vaz, M. S., Ribeiro, Y. S., Pinheiro, E. S., & Del Vecchio, F. B. (2019). Psychophysiological profile and prediction equations for technical performance of football players. Revista Brasileira de Ciencias Do Esporte, 41(2), 215–221. https://doi.org/10.1016/j.rbce.2018.04.009
Arikunto, A. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational Research. USA : Human Kinetics.
Emral. (2013). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Siswa SSB PSTS Tobing Padang. Jakarta : PPs UNJ, Disertasi.
Gatz, G. (2009). Complete Conditioning fot Soccer. USA : Human Kinetics.
Hariyoko. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Dasar Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMP N di Kota Malang. Jakarta : PPs UNJ, Disertasi.
Cook, M. (2011). 101 Drills Sepakbola untuk Pemain Muda, Usia 12 – 16 Tahun. Jakarta : Indeks.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Nurhasan. (2007). Pengantar Tes dan Pengukuran, Kegunaan Tes dan Pengukuran, Kriteria Tes. Jakarta : Kurnia.
Putra, N. (2012). Research and Development. Jakarta : Rajawali Press. Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.
Widiastuti. (2009). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : Raja Grafindo