Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP PGRI Barembeng Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.86Keywords:
Sarana dan Prasana, Tingkat Kesegaran JasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani SMP PGRI Barembeng Kab. Gowa, (2) Untuk mengetahui Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP PGRI Barembeng Kab. Gowa (3), Untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani SMP PGRI Barembeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua SMP PGRI Barembeng Kab. Gowa. Sampel penelitian terdiri dari 40 orang siswa putra kelas VIII SMP PGRI Barembeng. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif menggunakan fasilitas komputer melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Kondisi sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas SMP PGRI Barembeng dikategorikan ideal, (2) Tingkat kesegaran jasmani kelas VIII SMP PGRI Barembeng dapat dikategorikan sedang, (3) Ada pengaruh sarana dan prasarana terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani SMP PGRI Barembeng.
Downloads
References
Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=orHNDwAAQBAJ&lpg=PR1&ots=z_W48WydFJ&dq=pendidikan jasmani&lr&hl=id&pg=PP3#v=onepage&q=pendidikan jasmani&f=false
Ardiansyah, M., & Nasrullah, N. (2017). Analisis Tingkat Daya Tahan Kardiorespirasi Wasit Sepakbola Di Palembang Tahun 2017. Jurnal Prestasi, 1(2), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jp.v1i2.8064
Arham, S. (2019). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 3 Makassar. Celebes Education Review, 1(2), 53–58. https://doi.org/https://doi.org/10.37541/cer.v1i1.256
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi 2010). In Jakarta: Rineka Cipta (10th ed.).
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186
Humaedi, Iskandar, H., & Abduh, I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Outbound padaPendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 117–122. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3325
Irawan, R. (2017). Studi Kelayakan Fasilitas Sarpras Olahraga Indoor di FIK Unnes. Jurnal Penjakora, 4(1), 90–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v4i1.11756
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa ( Learning facilities and infrastructure as a factor determinant to student learning motivation ). Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Lengkana, A. S., Sofa, N. S. N., & Artikel, I. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar. Jurnal Tadbir Muwahhid, 4(2), 17–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341
Nurcahyo, E. (2014). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas Xi (Sebelas) Sma Muhammadiyah 1 Babat Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 88–93. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/8041
Pasaribu, A. M. N., & Daulay, D. E. (2018). PENGARUH PERMAINAN LARI ESTAFET TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR MOTORIK KASAR SISWA KELAS 3 SDN KARET II KABUPATEN TANGERANG. Prestasi, 2(4), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11909
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 89–97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12551
Pratama, A. C., & Tjahyo, B. F. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. 6(3), 561–564. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/25229
Sepriadi. (2017). Kontribusi Status Gizi dan Kemampuan Motorik terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194–206. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Res. Dev. D.
Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 223–233.
Widodo, B. S., & Kusnanik, N. W. (2013). Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 2 Krembung Dan SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/2146/1317
Wijaya, F. (2017). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri Kabupaten Sumenep. 5(2), 232–235. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21247
Wisdiastuti, W. (2019). Mengatasi Keterbatasan Sarana Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani [Overcoming Facilities Limitations Affecting Physical Education Learning Activities]. Polygot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 140–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/pji.v15i1.1091