Studi Komparasi Tingkat Konsumsi Masyarakat Melalui E-Commerce Sebelum dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Christa Ananda Fema Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nandita Rakhmad Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Putri Yasmin E Eberthon Bonda Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Diki Ramli Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Agus Maulana Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31599/837cfk36

Keywords:

Consumption; Covid-19; E-commerce; Online Shopping; Online Questionnaires

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a significant impact on the Indonesian economy, especially e-commerce. The use of e-commerce has increased, causing public consumption to also increase compared to before the pandemic. This study aims to determine the level of public consumption through e-commerce before and after the Covid-19 pandemic. The object of this research is UPN Veteran Jakarta students and several people who use e-commerce. This type of research is quantitative research with instruments in the form of online questionnaires, as well as descriptive quantitative data analysis techniques. The results show that the level of public consumption through e-commerce has increased after the Covid-19 pandemic. People believe in the system, they also claim that the costs incurred through e-commerce are relatively cheap compared to shopping in person.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Christa Ananda Fema, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

  • Nandita Rakhmad, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

  • Putri Yasmin E Eberthon Bonda, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

  • Diki Ramli, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

  • Agus Maulana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

References

Adhani, L. K., Dharmastiti, R., & Trapsilawati, F. (2020). Pengaruh Waktu Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Konsumen Belanja Online. 50–55.

Artheswara, L. C., & Sulistiawati, A. (2020). Tingkat Penggunaan E-Commerce pada Remaja di Kota dan Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(4), 437–448. https://doi.org/10.29244/jskpm.4.4.441-452

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Universitas Islam Kalimantan MAB, 8(1), 1–12.

BBC News Indonesia. (2020, December). Covid-19: Virus corona diduga sudah menyebar sebelum pertama kali dilaporkan di China pada Desember 2019.

Chaudhary, H. (2020). Analyzing the Paradigm Shift of Consumer Behavior Towards E-Commerce During Pandemic Lockdown. SSRN Electronic Journal, 1–30. https://doi.org/10.2139/ssrn.3664668

Hamsinar. (2019). Analisis Perlindungan Hak Konsumen terhadap Transaksi E-commerce Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi pada Shopee). UIN Alauddin Makassar, 8(5), 100.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Hermawan, H. (2017). Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 136. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.6

Irsyadi, A. Y. (2012). Pengaruh Bimbingan Karir dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Pada Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Jurnal Penelitian, 66, 1–15.

Khasanah, F. N., Herlawati, Samsiana, S., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Raharja, I., Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255

Khasanah, F. N., Rofiah, S., & Setiyadi, D. (2019). Metode User Centered Design Dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 14. https://doi.org/10.33366/jast.v3i2.1443

Kusumastuti, A. D. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam Mempertahankan Business Continuity Management (BCM). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(3), 224–232.

Marindi, P., & Nurwidawati, D. (2015). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., Vol 3, No 3 (2015): Character : Jurnal Psikologi Pendidikan, 1–5.

Marliani, N., Hasanuddin, & Nurmaliah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Science, Tehcnologi, Society, Environment (Stse) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Mas Jeumala Âamal. Jurnal EduBio Tropika, 5(1), 38–43.

Mufarida, H. A. (2011). E-Commerce Consumer Behavior Among Adolescent Urban. Jurnal Universitas Airlangga.

Mukhlis, I., Yusida, E., Dwiputri, I. N., & Yunikawati, N. A. (2020). Pelatihan Metode Dasar Statistika Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Bidang Ekonomi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 28–34.

Sari, D. C. K., & Wibawa, S. C. (2017). Pengaruh Penggunaan E-commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Ngraho. It-Edu, 2(01), 16–23.

Singh, A., Dhayal, N., & Shamim, A. (2014). Consumer Buying Behaviour. Marketing Briefs: A Revision and Study Guide, 5(12), 17–21. https://doi.org/10.4324/9780080511085-13

Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia, selama Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis (JUMANIS) Prodi Kewirausahaan, 2(1), 200–213. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sumarni, N., Faddila, S. P., & Fauji, R. (2020). Perilaku Belanja Online Pada Ibu Rumah Tangga Disaat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Anjun Karawang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 19, 1–22. https://doi.org/10.36805 / manajemen.v6i2.1186

Wulandari, M. R. (2019). Analisis Perbandingan Tingkat Pengetahuan Peringatan Dini di Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar. Tunas Geografi, 8(1), 33–43. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i1.12156

Downloads

Published

2024-05-14

How to Cite

Studi Komparasi Tingkat Konsumsi Masyarakat Melalui E-Commerce Sebelum dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19. (2024). Jurnal Kajian Ilmiah, 22(1), 53-66. https://doi.org/10.31599/837cfk36