Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19
DOI:
https://doi.org/10.31599/jki.v20i3.294Keywords:
Product Quality, Purchase Decision, SmartphoneAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of smartphone product quality on purchasing decisions during the Covid 19 pandemic. This study is a quantitative study using a questionnaire method. The population used in this study is the people in South Bekasi. The sampling technique used in this study was incidental sampling. In this research the dependent variable (dependent) Purchase Decision (Y), while the independent variable (independent) is Product Quality (X1). The results of the validity test used on product quality and purchase, decisions are valid, while the results of the reliability test in this study show that they are reliable. The result of this research is that the quality of Xiaomi Smartphone products has a positive and significant effect on purchasing decisions during the COVID-19 pandemic.
Keywords: Product Quality, Purchase Decision, Smartphone
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk Smartphone terhadap keputusan pembelian di masa pandemic Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ada di Bekasi Selatan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling insidential. Dalam peneletian ini variabel terikat (dependen) Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel bebas (independen) adalah Kualitas Produk (X1). Untuk hasil uji validitas yang digunakan pada kualitas produk dan keputusan pembelian adalah valid, sedangkan hasil uji realibitas pada penelitian ini menunjukkan reliable. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk Smartphone Xiaomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di masa pandemic Covid 19.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, dan Smartphone
Downloads
References
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management. 15th Edition: New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kresnamurti, Agung R.P, Putri, A. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Oli Federal Di Wilayah Jakarta Timur (Studi Kasus Pada Bengkel Resmi Ahass 2657 Dewi Sartika). Econo Sains, X, 1–14.
Riyono dan Gigih Erlik Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/133954-ID-pengaruh-kualitas-produk-harga-promosi-d.pdf
Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11). Retrieved from https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p17
Santoso, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 11(1), 43. Retrieved from https://doi.org/10.24269/Ekuilibrium.V11i1.112
Sekaran, U., & Bougie, R. (2014). Research Method For Business. In Library of Congress. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_102084
Sunarto. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Kerajinan Kulit kartika Magetan. Jurnal Equilibrium, 3(2).
Wicaksono, B. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet yang Dimediasi oleh Minat Beli (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Provider Tri di Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/42580/1/BagasRifkiWicaksono_11408144023.pdf