Implementasi Read Aloud pada Orang Tua Siswa dalam Mendorong Gerakan Literasi Sekolah di SDN Harapan Baru III

Authors

  • Nunuy Nurkaeti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Apriyanti Widiansyah Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dariyanto Dariyanto Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Husna Farhana Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.203

Keywords:

school literacy movement, read aloud

Abstract

Socialization needs to be carried out in order to introduce and educate parents in realizing sustainable literacy activities. This activity aims to socialize literacy activities and read aloud methods as an alternative in carrying out literacy activities at home, so as to foster interest in reading students. This dedication activity is carried out using presentation, discussion, and demonstration methods. This activity is carried out on 28 parents of grade I SDN Harapan Baru III students. The result is that parents are very enthusiastic and can practice reading aloud activities to students. This activity is also an alternative to bridging the roles of parents and students in learning to read, so the parents could understand their role and contribution to the implementation of the school literacy movement as a government program.

 

Keywords: School Literacy Movement, Read Aloud.

 

Abstrak

 

Sosialisasi perlu dilakukan dalam rangka mengenalkan dan mengedukasi orang tua dalam mewujudkan kegiatan literasi yang berkesinambungan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan literasi dan metode read aloud sebagai salah satu alternatif dalam melakukan kegiatan literasi di rumah, sehingga menumbuhkembangkan minat baca siswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode presentasi, diskusi, dan demonstrasi. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan terhadap orang tua siswa kelas I SDN Harapan Baru III sebanyak 28 orang. Hasilnya orang tua sangat antusias dan dapat mempraktikan kegiatan read aloud kepada siswa. Kegiatan pengabdian ini juga menjadi salah satu alternatif dalam menjembatani peran orang tua dan siswa dalam melakukan pembelajaran membaca, sehingga orang tua memahami peran dan kontribusinya dalam pelaksanaan kegiatan gerakan literasi sekolah sebagai program pemerintah.  

 

Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Read Aloud.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Apriyanti Widiansyah, Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Dariyanto Dariyanto , Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Husna Farhana, Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Read Aloud pada Orang Tua Siswa dalam Mendorong Gerakan Literasi Sekolah di SDN Harapan Baru III. (2020). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 105-114. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.203