Pengenalan Digital Branding pada Kelompok Karang Taruna Desa Kertarahayu Menggali Potensi Desa Wisata Unggulan Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31599/df5rqj40Keywords:
Digital Branding, Desa Wisata, Promosi WisataAbstract
Kegiatan seminar pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep digital branding dalam upaya menggali dan mengoptimalkan potensi Desa Wisata Kertarahayu, Setu, Bekasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, strategi branding berbasis digital menjadi penting dalam meningkatkan daya tarik dan daya saing suatu destinasi wisata. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang diikuti oleh karang taruna dan perangkat desa wisata Kertarahayu, dengan materi yang berfokus pada pemanfaatan Digital branding media sosial, pembuatan konten kreatif, serta strategi pemasaran digital. Berdasarkan hasil evaluasi melalui kuesioner yang dibagikan kepada peserta di akhir kegiatan, diperoleh data bahwa seminar berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh peserta dengan jumlah sebanyak 25 orang menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan 100% responden menyatakan bahwa penyampaian materi sangat bermanfaat dan mudah dipahami dan mudah menjalani dalam praktiknya. Keberhasilan kegiatan ini juga didukung oleh kontribusi mitra yang menyediakan sarana dan prasarana, seperti LCD, layar proyektor, serta souvenir bagi peserta. Dengan adanya seminar pengabdian masyarakat, diharapkan karang taruna dan pengelola Desa Kertarahayu dapat menerapkan strategi digital branding secara efektif untuk meningkatkan daya tarik desa wisata, memperluas jangkauan promosi, serta mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis pariwisata secara berkelanjutan