TREN PENELITIAN TENTANG PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI PERGURUAN TINGGI DALAM PERSPEKTIF ANALISIS BIBLIOMETRIK
DOI:
https://doi.org/10.31599/2jyqjg75Kata Kunci:
Antikorupsi, Bibliometrik, Integritas, Pendidikan Antikorupsi, Perguruan TinggiAbstrak
Penelitian ini mengkaji tren publikasi mengenai pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan pendekatan bibliometrik. Data sekunder diperoleh dari jurnal ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2019-2024 dan dianalisis melalui perangkat lunak untuk mengekstraksi metadata, mengelola referensi, serta memvisualisasikan jariangan konsep. Analis telah mengungkapkan peningkatan signifikan dengan total 989 publikasi dan 9.167 sitasi, menghasilkan rata-rata 9,27 sitasi per publikasi. Indeks dampak akademik menunjukkan h-indeks sebesar 44 dan g-indeks sebesar 75.Visualisasi jaringan mengidentifikasi 6 klaster tematis utama yang mencerminkan pergeseran dari kajian konseptual menuju evaluasi implementasi nyata program pendidikan antikorupsi. Temuan tersebut menegaskan peran strategis perguruan tinggi dalam membangun budaya akademik yang berintegritas dan memberikan dasar bagi pengembangan strategi serta kebijakan pendidikan antikorupsi lebih efektif di masa mendatang.