ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PEMASANGAN INTERNET BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI DENGAN METODE SWOT & QSPM
Keywords:
Strategi Pemasaran , SWOT, QSPMAbstract
- Ratmono Group merupakan salah satu dari banyaknya pelaku usaha yang kini berfokus pada industri telekomunikasi yang bergerak dibidang jaringan internet. Dalam hal ini terjadi penurunan jumlah penjualan pada pemasangan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penjualan dan menganalisa strategi pemasaran dengan metode SWOT serta mengetahui tindakan yang tepat sebagai peningkatan pemasaran dengan menggunakan metode QSPM. Analisa matrik IFAS didapatkan total skor yang dimiliki CV. Ratmono Group sebesar 3,38, sedangkan analisis matrik EFAS sebesar 3,40, dan posisi pemasarannya terletak pada kuadran I pada posisi aggressive, yang dimana alternatif ini mempunyai potensi untuk berkembang. Pada tahapan akhir dilakukan penentuan strategi perbaikan dengan QSPM, maka didapatkan urutan strategi berdasarkan nilai TAS yaitu (SO1) sebesar 60.43, (SO2) sebesar 60.76, (SO3) sebesar 61.33, selanjutnya (WO1) sebesar 63.64, (WO2) sebesar 60.35, (WO3) sebesar 63.13 dan (ST1) sebesar 60.27, (ST2) sebesar 64.99, (ST3) sebesar 58.87 kemudian (WT1) sebesar 62.84, (WT2) sebesar 61.96, (WT3) sebesar 67.48. Dengan menggunakan hasil dari metode perbaikan QSPM, CV. Ratmono Group dapat menentukan strategi apa yang harus didahulukan untuk dilakukan perbaikan berdasarkan peringkat dari tiap – tiap alternatif.
Published
2025-01-10