Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Menggunakan SCOR dan ANP Pada Industri Garmen (PT. HSM)

Penulis

  • Friska Naomi Manalu Penulis

Kata Kunci:

Pengukuran Kinerja, SCOR, ANP, OMAX

Abstrak

Keterlambatan pesanan merupakan salah satu permasalahan umum yang sering dihadapi oleh industri garmen. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari internal perusahaan hingga faktor eksternal seperti perubahan permintaan pasar yang tiba-tiba. PT. Harvinda Sukses Mandiri memiliki permasalahan yang sering muncul yaitu keterlambatan pengiriman pesanan pelanggan dikarenakan kinerja rantai pasok yang tidak stabil dan ketidakmampuan perusahaan dalam menentukan indikator penyebab keterlambatan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja rantai pasok dengan menentukan indikator kinerja dan mencari faktor penyebab keterlambatan pesanan pelanggan tersebut. Analisis dalam pengukuran kinerja rantai pasok ini yaitu menggunakan SCOR dan pembobotan menggunakan ANP, kemudian menghitung indikator tersebut dengan OMAX. Hasil penelitian menunjukkan ada 13 indikator kinerja rantai pasok yang relevan dalam keterlambatan pesanan pelanggan. Hasil analisis scoring objective matrix dan traffic light system menunjukkan faktor yang mempengaruhi kinerja rantai pasok ada KPI yang mempengaruhi sebagai kendala utama dan 4 KPI merupakan peringatan karena berpotensi mengalami masalah sedang berkembang.

Diterbitkan

2025-01-10