Usulan Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada CV. Addesia Truss

Penulis

  • Jabbaru MasTyo Naufal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Penulis

Abstrak

CV. Addesia Truss, merupakan distributor baja ringan yang berdiri sejak tahun 2009. Permasalahan yang dihadapi oleh CV. Addesia Truss adalah penurunan penjualan akibat sistem pemasaran dan penjualan yang hanya mengandalkan media sosial WhatsApp dan komunikasi lisan. Kendala ini menyebabkan terbatasnya informasi yang diterima oleh pembeli mengenai harga dan produk yang dijual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan serta memberikan usulan strategi penjualan dan pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Design Thinking yang dipadukan dengan analisis kekuatan (Strength) dan peluang (opportunity), tetapi pada saat yang sama minimalkan kerentanan dan (Threaths) (SWOT). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan  87 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Addesia Truss memiliki kekuatan berupa produk berkualitas tinggi, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang baik, namun kelemahan pada sistem pemasaran yang masih konvensional yang hanya mengandalkan WhatsApp dan komunikasi lisan, serta keterbatasan akses informasi produk secara online. Peluang yang tersedia adalah potensi pasar yang luas dengan penggunaan teknologi digital dan peningkatan permintaan akan bahan bangunan yang berkualitas, namun perusahaan juga menghadapi ancaman dari persaingan dengan perusahaan lain yang sudah memiliki platform digital, serta resiko fluktuasi harga bahan baku seperti kenaikan harga baja dan matrial kontruksi lainnya. Usulan strategi untuk meningkatkan penjualan pada CV. Addesia Truss meliputi S-O (menekan kualitas produk baja ringan yang berkualitas untuk menarik pelanggan dan memaksimalkan potensi perusahaan), W-O (Meningkatkan pemasaran online untuk memperluas jangkauan pasar dan memanfaatkan peluan digital untuk mengurangi ketergantungan pada pasar lokal), S-T (memberikan penawaran harga terbaik dan meningkatkan layanan), W-T ( pembuatan sistem pemasaran online berbasis website). Pada strategi W-T ini, prototipe website telah dibuat sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan dalam sistem pemasaran konvensional dan menghadapi ancaman dari persaingan dengan perusahaan yang telah memiliki platform digital.

Biografi Penulis

  • Jabbaru MasTyo Naufal, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Teknik Industri

Diterbitkan

2025-01-10