ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAKSO DAGING SAPI DI TOKO TUKUIKI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALISIS BAURAN PEMASARAN

Penulis

  • Jovanka Alif Wiyata Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Penulis

Abstrak

Toko Tukuiki merupakan salah satu usaha bergerak di bidang mikro usaha yang bergerak di bidang frozen food yang berlokasi di daerah Pondok Ungu Permai. Permasalahan yang dihadapi oleh Toko Tukuiki saat ini adalah rata-rata penjualan 346,2 bungkus/bulan sedangkan target penjualan sebesar 600 bungkus/bulan, Terdapat banyak pesaing Toko Tukuiki sehingga penjualan produk menurun tidak memenuhi target yang di inginkan. Dalam penelitian ini menggunakan strategi SWOT yaitu untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Toko Tukuiki, Kemudian mengintegrasikannya menggunakan analisis bauran pemasaran berdasarkan analisis swot Strategi SWOT dihasilkan beberapa alternatif strategi yaitu, Tetap mempertahankan kualitas produk  untuk permintaan produk bakso daging sapi juga akan meningkat dikarenakan jumlah penduduk yang mengalami peningkatan. Mempertahankan aktivitas promosi secara berkelanjutan untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan jumlah pelanggan. Mempertahankan kualitas produk yang baik dengan harga yang terjangkau .Mempertahankan aktivitas promosi dengan harga yang menarik agar konsumen tetap setia kepada toko. Harga (Price) memberikan potongan harga kepada konsumen apabila mempromosikan produk bakso daging sapi di sosial media konsumen dengan membeli 20 bungkus. Tempat (Place) lokasi memiliki lingkungan yang bersih dan aman untuk menjaga citra dan kualits produk. Promosi (Promotion) melakukan periklanan yang berkelanjutan untuk menawarkan produk bakso daging sapi dengan harga yang terjangkau pada sosial media.

Biografi Penulis

  • Jovanka Alif Wiyata, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Teknik Industri

Diterbitkan

2025-01-10