ANALISIS PRODUK CACAT DI LINE FAN BLOWER DENGAN METODE DMAIC DI PT DNS

Penulis

  • Luthfi Nito Pratama Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Penulis

Abstrak

PT DNS adalah perusahaan otomotif dimana salah satu produknya fan blower. Pada produksi fan blower terdapat rata – rata defect 14,51% melebihi batas toleransi 10%. Perlu dilakukan penelitian yang bertujuan menentukan akar masalah dominan penyebab defect serta menentukan usulan perbaikannya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa defect dominan penyeab cacat produk fan blower adalah stamp tidak terbaca, blade retak, motor mati dan cover fan retak. Akar masalah dominan penyebab defect pada Faktor mesin yaitu kurangnya pengecekan dan perawatan sensor (stamp tidak terbaca). Faktor material yaitu kurangnya pengecekan kesesuaian spesifikasi blade dan cover fan saat material datang (blade retak ,cover fan rusak,) dan kurangnya pengecekan kualitas material stamp , motor , kabel konektor saat datang (stamp tidak terbaca dan motor mati). Faktor metode kurang memperhatikan ketepatan pada pemasangan stamp (stamp tidak terbaca), hanya fokus menyelesaikan pekerjaan tidak memperhatikan keretakan blade (blade retak), kurang memahami SOP pemasangan kabel konektor (motor mati) dan tidak memperhatikan ulir blade yang terlalu kecil (cover fan rusak). Usulan perbaikan dilakukan untuk mengatasi akar permasalahan dominan tersebut dimana diperkirakan meningkatkan nilai sigma menjadi 3,8 dari 3,4 naik sebesar 11,7%. Nilai sigma level 3,8 ini melebihi batas toleransi perusahaan 3,5.

Biografi Penulis

  • Luthfi Nito Pratama, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Teknik Industri

Diterbitkan

2025-01-10