Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Sabun Cuci baju Dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM di CV. Sarana Cipta Mandiri
Kata Kunci:
Analisis SWOT, Analisis QSPM, Penjualan, Promosi, Strategi PemasaranAbstrak
CV. Sarana Cipta Mandirimerupakan sebuah perusahaan produsen sabun cuci baju yang memiliki permasalahan dalam mencapai target penjualan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan sabun laundry dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Penelitian ini mengindentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penjualan, penyebab kurangnya promosi, dan alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan. hasil dari analisis SWOT perusahaan ini berada diposisi 1 (agresif) dan strategi Utama berada pada O-S (opportunities-strenghs) dengan nilai IFAS (internal factor analisis summary) total nilai 2,55 sedangkan nilai EFAS (eksternal factor analisis summary) total nilai 2,50. strategi alternatif yang terpilih yaitu menganalisis trategi promosi untuk menentukan Harga yan optimal dan menambah minat konsumen dengan nilai TAS 6,75.