ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE CANVAS DI ESOKOPI CILEUNGSI
Kata Kunci:
strategi pemasaran , canvas, SWOTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis, merumuskan alternatif strategi, menentukan prioritas alternatif strategi, dan merancang model bisnis baru dengan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini dilakukan pada Kafe Esokopi Cileungsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis saat ini dengan menggunakan 9 elemen yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnership, dan Cost Structure serta analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) untuk merumuskan alternatif strategi. Dalam penelitian ini, pelanggan dan owner sangat berperan penting dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kafe Esokopi perlu menambah beberapa aspek bisnis dalam mengembangkan usahanya kedepan seperti, menambah kuantiti penjualan produk, lebih inovasi lagi dalam membuat promosi dari produk yang dijual, menentukan mitra atau partner usaha, pengembangan kualitas SDM, memperbanyak penjualan offline dengan mengikuti event dan penambahan segmentasi pasar.