Peran Pelatihan Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Kerja Sama Tim
DOI:
https://doi.org/10.31599/eqyc9a05Keywords:
Pelatihan Komunikasi Interpersonal, Kerja Sama Tim, Mendengarkan Aktif, Empati, Manajemen KonflikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pelatihan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan efektivitas kerja sama tim di berbagai lingkungan organisasi. Komunikasi interpersonal yang efektif memegang peranan penting dalam menciptakan hubungan kerja yang harmonis dan kolaboratif. Pelatihan yang melibatkan keterampilan mendengarkan aktif, empati, serta manajemen konflik dapat memperbaiki dinamika tim dan meningkatkan produktivitas. Berdasarkan tinjauan literatur, temuan penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat mengurangi kesalahpahaman, meningkatkan koordinasi, dan memfasilitasi penyelesaian konflik secara konstruktif. Dengan demikian, pelatihan komunikasi interpersonal memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan kerja sama tim yang lebih efektif dan produktif.
References
Anna Jesica Worang, Kojo, C., & Karuntu, M. M. (2023). Pengaruh komunikasi interpersonal, kerjasama tim, dan perilaku kerja terhadap efektivitas kerja pada karyawan perusahaan daerah air minum di kabupaten Tolitoli. Jurnal EMBA :Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4). https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52639
Azis, A., Sahra, A., & Budi S., N. F. (2018). Pelatihan komunikasi interpersonal untuk meningkatkan teamwork karyawan pada PT. X. Jurnal Al-Qalb, 10(1), 42.
Fitriana Rohmah, D., Yusuf, A., Chintia Cahya Ningrum, D., Putri Nur Marsanti, A., Studi Pendidikan Bahasa Inggris, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, U. (2024). Urgensi Peningkatan Softskill pada Mahasiswa dalam Upaya Mempersiapkan Masa Depan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).
Hidayat, R. (2017). Peningkatan aktivitas komunikasi interpersonal dalam organisasi melalui perbaikan efikasi diri, kepemimpinan, dan kekohesifan tim. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 161–170.
Jonathan, D. C. (2014). Proses Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih Dengan Kapten Tim Persebaya 1927. Jurnal e-Komunikasi, 2(1).
Kurniawan, N. E., & Wardana, K. A. (2021). Komunikasi interpersonal pustakawan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka di universitas negeri i gusti bagus sugriwa Denpasar. Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu, 1(2). https://doi.org/10.25078/anubhava.v1i2.2327
Mangundjaya, Wustari L. H. (2021) Psikologi Komunikasi di Tempat Kerja, Pasuruan, Jawa Timur: Penerbit Qiara Media.
Martini, N. P., Madun, M., & Satoto, E. (2022). Pengaruh Kerja Tim Dan Pendelegasian Wewenang Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Interpersonal Komunikasi. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), 12(1).
Nurhidayah, R. E., & Revi, H. (2020). Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal, Kerja Tim dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners dalam Implementasi Inter Professional Education Di Rumah Sakit USU. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11545
Razkia, D., Safitri, A., & Santoso, S. (2021). Menemukan makna hidup dengan Forgiveness, Studi Pada Siswa Binaan Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Anak. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 4(2). https://doi.org/10.36341/psi.v4i2.1530
Rihatno, T. (2017). Hubungan Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal dengan Kerjasama Tim Mahasiswa Anggota Klub Olahraga Prestasi Softball Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Segar, 6(1). https://doi.org/10.21009/segar.0601.05
Safitri, A., & Fitriyana, N. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal terhadap Kerjasama Team Mahasiswa Kkn. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 4(2). https://doi.org/10.36341/psi.v4i2.1528
Sari, L. M., & Ariyanto, A. A. (2019). Pelatihan komunikasi interpersonal berbasis kompetensi untuk meningkatkan komunikasi kerja tim kelompok kader posyandu. Jurnal Ilmu dan Budaya, 41(62), 7305.
Simatupang, M., Barus, D. A. B., & Respati, W. S. (2024). Pelatihan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kerjasama tim anggota di komunitas X. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11116–11123. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32260