Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Powerpoint Pada Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Authors

  • Asri Kurnia SDN Burujul Kulon I, Dinas Pendidikan Majalengka, Jl. Dusun Ciporang Desa Burujul Kulon Jatiwangi Kabupaten Majalengka 45454, Indonesia
  • Nunuy Nurkaeti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.104

Keywords:

Media Slides PowerPoint, Learning Outcomes, KKM

Abstract

Abstract

Based on preliminary studies conducted at SDN Pengadilan 2 Kota Bogor that study with the curriculum 2013 includes aspects of the attitudes, knowledge, and still needs development and improvement of learning processes and outcomes. This study aims to improve the process and student learning outcomes through the application of PowerPoint media. This research method is a classroom action research that refers to the Kemmis and Taggart design with a sample of 26 third grade students of SDN Pengadilan 2 Bogor City. Preliminary data on student learning outcomes show that only 7.69% of students achieved the Minimum Mastery Criteria (KKM). The results showed an increase in the average learning process by 91.73% (cycle I) to 95.02% (cycle II) with very good interpretation. Improved learning process followed by an increase in learning outcomes includes an increase in the average spiritual attitude, social, knowledge, and skills with very good interpretation. It is shown that learning using PowerPoint media could improve the process and learning outcomes.

Keywords: Media Slides PowerPoint, Learning Outcomes, KKM.

 

Abstrak

Berdasarkan studi pendahuluan  yang dilakukan di SDN Pengadilan 2 Kota Bogor hasil belajar peserta didik dengan menggunakan kurikulum 2013 mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan masih membutuhkan pengembangan dan peningkatan proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media power point. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu kepada desain Kemmis dan Taggart dengan sampel 26 orang peserta didik kelas III SDN Pengadilan 2 Kota Bogor. Data awal hasil belajar peserta didik menunjukkan  hanya 7,69% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata  proses pembelajaran sebesar 91,73% (siklus I) menjadi 95,02% (siklus II) dengan interpretasi sangat baik. Peningkatan proses belajar diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar mencakup peningkatan rata-rata sikap spiritual, social, pengetahuan, dan keterampilan dengan interpretasi sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan media powerpoint dapat memperbaiki proses dan hasil belajar.

Kata Kunci: Media PowerPoint, Hasil Belajar, dan KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Asri Kurnia, SDN Burujul Kulon I, Dinas Pendidikan Majalengka, Jl. Dusun Ciporang Desa Burujul Kulon Jatiwangi Kabupaten Majalengka 45454, Indonesia

    SDN Burujul Kulon I, Dinas Pendidikan Majalengka, Jl. Dusun Ciporang Desa Burujul Kulon Jatiwangi  Kabupaten Majalengka 45454, Indonesia

  • Nunuy Nurkaeti, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Downloads

Published

2020-05-22

Issue

Section

Articles