ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN BEKASI JAYA 01

Authors

  • Handayani puspa Ningrum puspa Ningrum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Apriyanti Widiansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/nvt9dp19

Keywords:

membaca permulaan, kesulitan belajar, siswa kelas II, literasi dasar, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II di SDN Bekasi Jaya 01. Membaca permulaan merupakan tahapan awal dalam penguasaan literasi, yang sangat penting bagi perkembangan akademik siswa di jenjang selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, menggabungkan suku kata, serta memahami makna kata atau kalimat yang dibaca. Faktor-faktor penyebab kesulitan membaca meliputi kurangnya stimulasi membaca di rumah, metode pembelajaran yang belum bervariasi, serta kurangnya perhatian individual dari guru. Selain itu, aspek psikologis seperti kurang percaya diri dan motivasi belajar yang rendah juga berperan dalam munculnya hambatan membaca. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan orang tua dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan suportif, guna meningkatkan kemampuan membaca siswa sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles