INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNOLOGI INTERAKTIF WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Syahril Shobirin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fanny Septiany Rahayu Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mohamad Ajibi SDN 1 Arjawinangun

DOI:

https://doi.org/10.31599/z9ygya23

Keywords:

pembelajaran interaktif, teknologi pendidikan, Wordwall, Minat belajar

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa di sekolah dasar sering menjadi kendala dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Wordwall menyediakan aktivitas menarik, seperti kuis, permainan, dan latihan soal, yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas tinggi di SDN 1 Arjawinangun. Data diperoleh melalui observasi untuk mencatat keterlibatan siswa, wawancara untuk memahami pengalaman siswa dan guru, serta dokumentasi berupa foto dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Aktivitas interaktifmembuat pembelajaran lebih menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, serta membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Respon siswa sangat positif, mereka merasa belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Guru juga mencatat Wordwall mempermudah evaluasi dan memberikan umpan balik secara cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles