Pengembangan Multimedia Interaktif Sport Massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK-UM

Authors

  • Ari Wibowo Kurniawan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476

Keywords:

Multimedia Interaktif, Sport Massage, Mahasiswa Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan multimedia interaktif sport massase agar pembelajaran efektif untuk mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan FIK-UM. Metode penelitian menggunakan Lee & Owen dengan tahap: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, validasi, dan revisi, (4) implementasi/uji coba, (5) evaluasi. Hasil uji ahli diperoleh: (1) ahli sport massase 88,88%, (2) ahli media 90,62%. Uji coba kelompok kecil dengan 7 mahasiswa diperoleh 80,56%, dan kelompok besar dengan 30 mahasiswa diperoleh 85,46%. Dapat disimpulkan pembelajaran multimedia interaktif mendorong mahasiswa belajar dengan media baru dengan memanfaatkan teknologi sehingga dapat memfasilitasi dan mengatasi kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran sport massase menggunakan multimedia interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ampa, A. T. (2015). The Implementation of Interactive Multimedia Learning Materials in Teaching Listening Skills. English Language Teaching, 8(12), 56. https://doi.org/10.5539/elt.v8n12p56

Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. https://docplayer.info/29790216-Pengembangan-media-pembelajaran-interaktif-berbasis-komputer-untuk-siswa-smp-kelas-viii.html

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi 2010). In Jakarta: Rineka Cipta (10th ed.).

Barbee, D. E., & Lowenstein, R. B. (2015). Interactive Multimedia. In Information Resources Management Journal (Vol. 6, Issue 4). https://doi.org/10.4018/irmj.1993100101

Cairncross, S., & Mannion, M. (2001). Interactive multimedia and learning: Realizing the benefits. Innovations in Education and Teaching International, 38(2), 156–164. https://doi.org/10.1080/14703290110035428

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dwiyogo, W. D. (2008). Aplikasi teknologi pembelajaran: Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga / Wasis D. Dwiyogo.

Gilakjani, A. P. (2012). The Significant Role of Multimedia in Motivating EFL Learners’ Interest in English Language Learning. International Journal of Modern Education and Computer Science, 4(4), 57–66. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2012.04.08

Kalemoǧlu Varol, Y. (2014). The Relationship between attitudes Of prospective physical education teachers towards education technologies and computer self-efficacy beliefs. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 157–167.

Maulana, A., Azhari, A., & Darmawan, A. (2018). Pengembangan Model Latihan Renang Berbasis Mobile Learning Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani ,. Bravo’s Jurnal, 6(4), 150–155. http://www.ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/article/view/973

Munir. (2020). Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Alfabeta, CV. (Vol. 58, Issue 12).

N, E. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Kimia Untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 65–78.

Prasetio, E. F., Dwiyogo, W. D., & Sudjana, I. N. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Latihan Bertahan ( Defense ) Sepakbola Pada Ekstrakurikuler Sepakbola Di Smp Negeri 15. Pendidikan Jasmani, 26(1), 129–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7735

Pujianto, D., Sutisyana, A., Arwin, A., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81

Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (1st ed.). Rajagrafindo Persada.

Sagala, R. S., & Daulay, D. E. (2020). Pengembangan Media Bantu Latihan Bertahan Pada Bola Voli Tahun 2019. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 115–126. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.371

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyorini, & Basoeki, H. (2012). Sport Message Seni Pijat Untuk Atlet/Olahragawan Dan Umum. Wineka Media.

Supriyadi, & Wadani, H. E. (2012). Anatomi Manusia. UM Press.

UU No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. In Presiden RI.

Vernadakis, N., Giannousi, M., Derri, V., Michalopoulos, M., & Kioumourtzoglou, E. (2012). The impact of blended and traditional instruction in students’ performance. Procedia Technology, 1, 439–443. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.02.098

W. Lee, W., & L. Owens, D. (2004). Multimedia-Based Instructional Design : Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training. 445.

Wiendartun, Ramalis, T. R., & Rochman, H. S. (2007). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika. Proceeding of The First International Seminar on Science Education.

Published

2021-05-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Multimedia Interaktif Sport Massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK-UM. (2021). Journal Coaching Education Sports, 2(1), 1-16. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476