Analisis Kepuasan Pelanggan Transportasi Bus TJ (Studi Kasus Rute Harapan Indah – Pulogadung)
DOI:
https://doi.org/10.31599/48dt3n94Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan, TransportasiAbstract
Transportasi umum berkembang dengan sangat cepat. Salah satu perusahaan transportasi umum, Trans Jakarta, melakukan peningkatan pelayanan dari segala aspek, mulai dari perbaikan halte, kenyamanan, layanan, dan keamanan. Supaya pelanggan Transjakarta merasa puas dengan perubahan yang dilakukan perusahaan. Penelitian kepuasan pelanggan yang dilakukan pada rute Transjakarta Harapan Indah sampai Pulogadung menemukan bahwa kenyamanan perjalann dan ketepatan waktu tiba adalah beberapa masalah yang terkait kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi massal Transjakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei yang merupakan salah satu bagian dari pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 450 orang dan sampel yang didapatkan dengan menggunakan metode rumus Slovin sebanyak 82 responden. Metode yang digunakan pendekatan Servis Quality. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan