Strategi Pengembangan Ceruk Pasar Dengan Metode Analisis Faktor Internal dan Eksternal serta Balanced Scorecard

Authors

  • Ratna Suminar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/77e4ve10

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Balanced Scorecard

Abstract

Tantangan industri kecil dan menengah saat ini cepat mengalami perubahan, sehingga memerlukan kemampuan beradaptasi dan memanfaatkan peluang, agar dapat bertahan atau meningkatkan usaha yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pada industri kecil hiburan virtual dalam bentuk usaha kecil rental Play Station. Metode kuantitatif yang digunakan dengan analisis Balanced Scorecard, serta faktor internal dan eksternal. Sampel adalah para pelanggan sebagai responden, selain itu melakukan wawancara kepada pemangku kepentingan. Jumlah sampel 92 yang diambil dari populasi dengan metode acak sederhana. Faktor internal yaitu margin keuntungan yang tinggi, harga terjangkau dan merupakan market niche, keterbatasan pelanggan, dan kemajuan teknologi. Hasil empat prespektif Balanced Scorecard yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan mengoptimalkan sub bisnis yang telah ada, menjaga kualitas peralatan, mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan; prespektif internal bisnis adalah bisa melakukan pembayaran secara cashless; perspektif pelanggan yaitu perasaan senang dan puas; perspektif keuangan hasil NPV bernilai positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-15

Issue

Section

Articles