Pengaruh Voucher Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap perilaku Konsumtif ditinjau dari Perspektif Islam

Authors

  • Oktavia Putri Handayani Program Studi Ekonomi Syariah; STEI Bina Cipta Madani Karawang
  • Tito Meitawati Program Studi Ekonomi Syariah; STEI Bina Cipta Madani Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31599/3hpynp70

Keywords:

Free shipping vouchers, discount vouchers, Shopee, consumer behavior

Abstract

This study aims to analyze whether there is a significant influence between offering discount vouchers and free shipping on consumptive behavior. This type of research is descriptive research using a quantitative approach. The data collection tool used was a questionnaire which was distributed to 250 respondents to the Racun Shopee Karawang group. The results of this study indicate that there is an influence between free shipping vouchers and discount vouchers on consumptive behavior. This is a negative thing for the view of Islamic economics because Allah SWT has prohibited wasteful acts as stated in QS. Al Isro': 26-27.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Oktavia Putri Handayani, Program Studi Ekonomi Syariah; STEI Bina Cipta Madani Karawang

    Program Studi Ekonomi Syariah; STEI Bina Cipta Madani Karawang

  • Tito Meitawati, Program Studi Ekonomi Syariah; STEI Bina Cipta Madani Karawang

    Program Studi Ekonomi Syariah; STEI Bina Cipta Madani Karawang

References

A. Nooriah Mujahidah. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makasar). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan, 1–18. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18970%0A

Afida, A., & Zamzami, M. T. (2020). Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. J-HES: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 04(2), 96–111.

Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo, 1(2), 79–83.

Dicki Prayogi, A. P. A. I. B. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction, Experiental Marketing dan Customer Trust. Jurnal Pustaka Manajemen, 3(1), 1–5. https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamanajemen/article/view/418%0Ahttps://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamanajemen/article/download/418/311

Erfan, M., Mazrur, & Rahmah. (2022). Khiyar Dalam Jual Beli Online (Eksistensi, Implementasi dan Shariah Compliance). In Diandra.

Firdaus, M. F., & Himawati, D. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Layanan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Depok. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 216–230. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5259

Fuad, L. (2022). Jual Beli Gratis Ongkos Kirim Menurut Islam. 1–9. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/wmkxd

Halawa, F. A. (2018). Peluang Bisnis Online Situs Voucher Diskon. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1362

Halim, S. (2022). Teori tentang hak. In Fiqh Mu’amalah Kontemporer. http://eprints.umsb.ac.id/1101/2/Buku.pdf

Harsono, S., Haripraditya, N. T., & Soleh, M. A. R. (2022). Perilaku belanja online dan niat beli pada generasi “Z” di Indonesia. Journal of Business and Banking, 12(1), 143. https://doi.org/10.14414/jbb.v12i1.3111

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Kurniati, V. (2017). Jual Beli Online Sesuai Syariah. Jual Beli Online Sesuai Syariah, 5(2), 1–35.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000

Lorenza, R. Y., & Lestari, S. (2023). Kontrol Diri Dan Konformitas Sebagai Prediktor Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Berbelanja Di E-Commerce. Psycho Idea, 21(1), 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.15752

Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2021). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Nofrika Belisa. (2018). PENGARUH SALES PROMOTION VOUCHER DISKON MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BROSISDEAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MERCHANT LOKAL PEKANBARU. JOM FISIP, 5(1), 1–12.

Putri Nugraha, J., Al, D., Gairah Sinulingga, S., Rojiati, U., Gazi Saloom, Mk., Rosmawati, Ms., Fathihani, Ms., Mail Hilian Batin, M., Widya Jati Lestari, M., Khatimah, H., & Maria Fatima Beribe, C. B. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen T E O R I.

Rohman M.H.I, H. (2020). Hukum Jual Beli Online. In Duta Media Publishing.

Salsabila Akbar, A. (2022). Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pengguna Tokopedia Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). 21.

Siregar Srianjelina. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN TAGLINE “ GRATIS ONGKIR ” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE PADA MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DESA online yang dirumuskan sebagai berikut : ( 1 ) Apakah Persepsi Harga berpengaruh Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 65–81.

Susiawati, W. (2017). Jual Beli dan dalam Konteks Kekinian. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 171–184.

Ulum, M., Nastiti, N. D., & Muazzaroh, F. (2021). Pendekatan Studi Islam : Studi Perilaku Berderma Masyarakat, Gaya Hidup Dan. Jurnal Hukum Isllam, Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 172–188. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.908

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Pengaruh Voucher Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap perilaku Konsumtif ditinjau dari Perspektif Islam. (2024). Jurnal Kajian Ilmiah, 24(3), 257-270. https://doi.org/10.31599/3hpynp70