Pengaruh Voucher Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap perilaku Konsumtif ditinjau dari Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.31599/3hpynp70Kata Kunci:
Free shipping vouchers, discount vouchers, Shopee, consumer behaviorAbstrak
This study aims to analyze whether there is a significant influence between offering discount vouchers and free shipping on consumptive behavior. This type of research is descriptive research using a quantitative approach. The data collection tool used was a questionnaire which was distributed to 250 respondents to the Racun Shopee Karawang group. The results of this study indicate that there is an influence between free shipping vouchers and discount vouchers on consumptive behavior. This is a negative thing for the view of Islamic economics because Allah SWT has prohibited wasteful acts as stated in QS. Al Isro': 26-27.
Unduhan
Referensi
A. Nooriah Mujahidah. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makasar). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan, 1–18. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18970%0A
Afida, A., & Zamzami, M. T. (2020). Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. J-HES: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 04(2), 96–111.
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo, 1(2), 79–83.
Dicki Prayogi, A. P. A. I. B. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction, Experiental Marketing dan Customer Trust. Jurnal Pustaka Manajemen, 3(1), 1–5. https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamanajemen/article/view/418%0Ahttps://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamanajemen/article/download/418/311
Erfan, M., Mazrur, & Rahmah. (2022). Khiyar Dalam Jual Beli Online (Eksistensi, Implementasi dan Shariah Compliance). In Diandra.
Firdaus, M. F., & Himawati, D. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Layanan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Depok. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 216–230. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5259
Fuad, L. (2022). Jual Beli Gratis Ongkos Kirim Menurut Islam. 1–9. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/wmkxd
Halawa, F. A. (2018). Peluang Bisnis Online Situs Voucher Diskon. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1362
Halim, S. (2022). Teori tentang hak. In Fiqh Mu’amalah Kontemporer. http://eprints.umsb.ac.id/1101/2/Buku.pdf
Harsono, S., Haripraditya, N. T., & Soleh, M. A. R. (2022). Perilaku belanja online dan niat beli pada generasi “Z” di Indonesia. Journal of Business and Banking, 12(1), 143. https://doi.org/10.14414/jbb.v12i1.3111
Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.
Kurniati, V. (2017). Jual Beli Online Sesuai Syariah. Jual Beli Online Sesuai Syariah, 5(2), 1–35.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000
Lorenza, R. Y., & Lestari, S. (2023). Kontrol Diri Dan Konformitas Sebagai Prediktor Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Berbelanja Di E-Commerce. Psycho Idea, 21(1), 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.15752
Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2021). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Nofrika Belisa. (2018). PENGARUH SALES PROMOTION VOUCHER DISKON MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BROSISDEAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MERCHANT LOKAL PEKANBARU. JOM FISIP, 5(1), 1–12.
Putri Nugraha, J., Al, D., Gairah Sinulingga, S., Rojiati, U., Gazi Saloom, Mk., Rosmawati, Ms., Fathihani, Ms., Mail Hilian Batin, M., Widya Jati Lestari, M., Khatimah, H., & Maria Fatima Beribe, C. B. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen T E O R I.
Rohman M.H.I, H. (2020). Hukum Jual Beli Online. In Duta Media Publishing.
Salsabila Akbar, A. (2022). Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pengguna Tokopedia Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). 21.
Siregar Srianjelina. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN TAGLINE “ GRATIS ONGKIR ” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE PADA MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DESA online yang dirumuskan sebagai berikut : ( 1 ) Apakah Persepsi Harga berpengaruh Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 65–81.
Susiawati, W. (2017). Jual Beli dan dalam Konteks Kekinian. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 171–184.
Ulum, M., Nastiti, N. D., & Muazzaroh, F. (2021). Pendekatan Studi Islam : Studi Perilaku Berderma Masyarakat, Gaya Hidup Dan. Jurnal Hukum Isllam, Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 172–188. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.908