Pengaruh Budaya dan Kualitas terhadap Kepuasan Kerja di Masa Pandemi Covid-19 Badan Kepegawaian Negara Jakarta
Abstract
This study aims to determine the influence of culture and quality on satisfaction at State Civil Service (BKNJ), Jakarta as it is known that in order to increase work productivity, the institution needs to have a synergy of attitudes and abilities of employees in implementing work, so that it will benefit the institution as a whole, this research uses quantitative descriptive research methods, and using primary data at the Bekasi City Social Service by taking a sample of 50 respondents including related communities to assess the performance of the service, after that data processing was carried out with SPSS Version 21 Analysis. The results showed that the cultural variabels applied by the State Civil Service were not fully implemented, while the quality the work produced is quite good, but between variabels also shows a positive and significant relationship and is interrelated, this needs the attention of the relevant institutions, so it is necessary to increase the application of a permanent culture to further improve quality, which can produce effective and efficient public services in the social sector in its implementation in the City of Bekasi
Keywords: Culture, Satisfaction, Quality
Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh budaya dan kualitasnya terhadap kepuasan pada Badan Kepegawaian Negara Jakarta (BKNJ), seperti diketahui bahwa untuk meningkatkan produktivitas kerja Lembaga perlu sinergisitas sikap dan kemampuan pegawai dalam mengimplementasi kerja, sehingga akan menguntungkan Lembaga secara keseluruhan, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dan menggunakan data primer di Badan Kepegawaian Negara Jakarta dengan mengambil sampel 50 responden termasuk masyarakat terkait untuk menilai kinerja dinas tersebut, setelah itu dilakukan pengolahan data dengan Analisa SPSS Versi 21. Adapun hasil menunjukan bahwa variabel budaya yang diterapkan oleh Badan Kepegawaian Negara Jakarta belum sepenuhnya terlaksana, sedangkan kualitas kerja yang dhasilkan cukup baik, namun antar variabel juga menunjukan hubungan positif dan signifikan dan saling terkait, hal ini perlu mendapat perhatian Lembaga terkait, sehingga perlu adanya peningkatan penerapan budaya yang tetap untuk lebih meningkatkan kualitas, yang dapat menghasilkan pelayanan publik bidang social yang efektif dan efisien dalam penyelenggaranya di Kota Jakarta
Kata kunci: Budaya, Kepuasan, Kualitas