Pengaruh Budaya dan Kualitas terhadap Kepuasan Kerja di Masa Pandemi Covid-19 Badan Kepegawaian Negara Jakarta

Authors

  • Riris Lestiowati Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rachmat Fadly Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ananto Krisna Wardhana Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Kurniawan Prambudi Utomo Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

This study aims to determine the influence of culture and quality on satisfaction at State Civil Service (BKNJ), Jakarta as it is known that in order to increase work productivity, the institution needs to have a synergy of attitudes and abilities of employees in implementing work, so that it will benefit the institution as a whole, this research uses quantitative descriptive research methods, and using primary data at the Bekasi City Social Service by taking a sample of 50 respondents including related communities to assess the performance of the service, after that data processing was carried out with SPSS Version 21 Analysis. The results showed that the cultural variabels applied by the State Civil Service  were not fully implemented, while the quality the work produced is quite good, but between variabels also shows a positive and significant relationship and is interrelated, this needs the attention of the relevant institutions, so it is necessary to increase the application of a permanent culture to further improve quality, which can produce effective and efficient public services in the social sector in its implementation in the City of Bekasi

 

Keywords: Culture, Satisfaction, Quality

 

Abstrak

 

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh budaya dan kualitasnya terhadap kepuasan pada Badan Kepegawaian Negara Jakarta (BKNJ), seperti diketahui bahwa untuk meningkatkan produktivitas kerja Lembaga perlu sinergisitas sikap dan kemampuan pegawai dalam mengimplementasi kerja, sehingga akan menguntungkan Lembaga secara keseluruhan, penelitian ini  menggunakan metode penelitian  deskriptif kuantitatif, dan menggunakan data primer di Badan Kepegawaian Negara Jakarta dengan mengambil sampel 50 responden termasuk masyarakat terkait untuk menilai kinerja dinas tersebut, setelah itu  dilakukan pengolahan data dengan Analisa SPSS Versi 21. Adapun hasil menunjukan bahwa variabel budaya yang diterapkan  oleh  Badan Kepegawaian Negara Jakarta belum sepenuhnya terlaksana, sedangkan kualitas kerja yang dhasilkan cukup baik, namun antar variabel juga menunjukan hubungan positif dan signifikan dan saling terkait, hal ini perlu mendapat perhatian Lembaga terkait, sehingga perlu adanya peningkatan penerapan budaya yang tetap untuk lebih  meningkatkan kualitas, yang dapat menghasilkan pelayanan publik bidang social yang efektif dan efisien dalam penyelenggaranya di Kota Jakarta

 

Kata kunci: Budaya, Kepuasan, Kualitas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riris Lestiowati , Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Rachmat Fadly , Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Ananto Krisna Wardhana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Kurniawan Prambudi Utomo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bina Sarana Informatika

Downloads

Published

— Updated on 2021-09-30

How to Cite

Lestiowati , R. ., Fadly , R. ., Wardhana, A. K. ., & Utomo, K. P. . (2021). Pengaruh Budaya dan Kualitas terhadap Kepuasan Kerja di Masa Pandemi Covid-19 Badan Kepegawaian Negara Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(3), 353–364. Retrieved from http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/700