Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19

-

Penulis

  • Heni Jusuf Fakultas Teknik dan Sains; Universitas Nasional
  • Ahmad Sobari Fakultas Hukum; Universitas Nasional
  • Mohamad Fathoni Fakultas Teknik dan Sains; Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.212

Kata Kunci:

Pembelajaran jarak jauh, covid-19, SMANU M.H. Thamrin, modernlearner

Abstrak

Era Covid-19 adalah suatu era dimana terjadi bencana Nasional covid-19 di Indonesia, dengan penyebaran yang cepat sehingga pemerintah berusaha memutus rantai penularannya dengan cepat, mengubah pola hidup menjadi baru, karena cakupan perubahannya luas mulai dari dunia bisnis, budaya, sosial hingga pendidikan dan pembelajaran. Tujuan dari penelitian untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bagi siswa SMANU M.H. Thamrin sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah. Sesuai Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020  tentang Kebijakan Belajar dari rumah, yang intinya adalah melalui pembelajaran jarak jauh, memberikan pengalaman belajar yang bermakna, tanpa terbebani tuntuntan capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi covid-19, aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antar siswa termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah, bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah diberi umpan balik yang sifat kualitatif dan berguna dari guru. Semua Sekolah langsung melaksanakan edaran Mendikbud tersebut tanpa persiapan dan strategi bagaimana pembelajaran jarak jauh tersebut dilaksanakan, termasuk SMANU M.H. Thamrin yang menjadi Subjek dalam penelitian ini meliputi siswa dan guru SMANU M.H. Thamrin. Data dikumpulkan dengan mengirimkan kuisioner online melalui google form dan observasi saat pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis model interaktif Milles & Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan dan Kepala Asrama telah memiliki dan telah menggunakan perangkat dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh; (2) pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan, awalnya sesuai dengan jam belajar normal, namun sekolah merubah strategi belajar sehingga pembelajaran jarak jauh memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaan dan dapat memotivasi untuk lebih aktif dalam belajar, baik belajar mandiri maupun berkelompok; dan (3) pembelajaran jarak jauh memungkinkan terjadinya social distancing dan dapat meminimalisir siswa berkumpul di lingkungan sekolah sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Heni Jusuf, Fakultas Teknik dan Sains; Universitas Nasional

    Fakultas Teknik dan Sains; Universitas Nasional

  • Ahmad Sobari, Fakultas Hukum; Universitas Nasional

    Fakultas Hukum; Universitas Nasional

  • Mohamad Fathoni, Fakultas Teknik dan Sains; Universitas Nasional

    Fakultas Teknik dan Sains; Universitas Nasional

Referensi

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (Issue December 2019).

Brown, A., Green, T., Orey, M., Jones, S. A., & Branch, R. M. (2012). Educational Media and Technology Yearbook (Vol. 36). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-1305-9

Bryant, P. (2016). Learning and Teaching Mathematics. In Learning and Teaching Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781315784939

Chaeruman, U. A. (2019). Panduan Memilih dan Menentukan Setting Belajar Dalam Merancang Pembelajaran Blended (Issue April). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29360.00006

Dale, E. (1946). Audio-Visual Methods in Teaching.

Davis, I. K. (1991). Pengelolaan Belajar. Rajawali.

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Handayanto, R. T., & Herlawati, H. (2020). Efektifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi Dalam Mengatasi COVID-19 dengan Model Susceptible-Infected-Recovered (SIR). Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2), 119–124. https://doi.org/10.31599/jki.v20i2.119

Herlawati, H. (2020). COVID-19 Spread Pattern Using Support Vector Regression. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 8(1), 67–74. https://doi.org/10.33558/piksel.v8i1.2024

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology : a Definition with Commentary (F. Routledge (ed.)). Routledge.

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6.

Jusuf, H., Azimah, A., & Firdaus, R. (2017). E-learning for facilitating learning. 2016 International Conference on Informatics and Computing, ICIC 2016, 90–93. https://doi.org/10.1109/IAC.2016.7905695

Loon, M. (2017). Designing and developing digital and blended learning solutions. Kogan Page.

Luterbach, K. J. (2018). Designing and Developing Robust Instructional Apps (F. Routledge (ed.)). Taylor and Francis.

Mendikbud RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). 1–3.

Milles, & Huberman. (1992). Analisis data kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Orey, M. (2015). Educational media and technology yearbook. Volume 39 / Michael Orey, Robert Maribe Branch, editors (Vol. 39).

Penfold, S. (2018). The Profile of The Modern Leraner : the Trends and Data You Need to Know. 4 September 2018.

Sidiknas, U. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 1). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Suparman, M. A. (2014). Desain Istruksional Modern (N. I. Sallama (ed.); 4th ed.). Erlangga.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19: -. (2020). Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 15-24. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.212