Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Bajawa Flores NTT di Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31599/1za2hm10Kata Kunci:
Store Atmosphere, Kepuasan KonsumenAbstrak
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan konsumen Cafe Bajawa Flores NTT di Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara store atmosphere terhadap kepuasan konsumen dengan melibatkan 115 respponden yang yang terdiri dari konsumen cafe Bajawa. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik non probability sampling dengan penentuan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan bantuan software Gpower 0.18.1.0 didapatkan 115 responde, yang dalam proses analisis data statistic menggunakan bantuan software JASP versi 0.18.1.0. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson’s Correlations diketahui bahwa nilai p-value ssebesar 0,849 dengan jumlah taraf signifikansi <.001 yang dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara store atmosphere dengan kepuasan konsumen, yang menunjukkan semakin besar tingkat store atmosphere maka semakin besar kepuasan konsumen dan sebaliknya. Kemudian pada hasil uji resgresi menunjukkan bahwa adanya pengaruh dengan nilai R² sebesar 0,723 atau sama dengan 72,3%. Dengan begitu menunjukkan bahwa dalam satu tingkat variabel store atmosphere memiliki pengaruh sebesar 72,3% terhadap variabel kepuasan konsumen. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha (hipotesis alternatif) diterima, bahwa terdapat hubungan antara store atmosphere terhadap kepuasan konsumen Cafe Bajawa Flores NTT di Kota Bekasi.
Unduhan
Referensi
Adiwinata, N., Sumarwan, U., & Simanjuntak, M. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumsi Kopi di Era Pandemi Covid-19. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 14(2), 189–202. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.189
Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor.
Arif, D., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen.
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. ., & dkk. (2019). Pengaruh Store Atmosfer, Display Produk, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Vol. 8).
Dahwilani, D. M. (2019). Data dan Fakta Tren Menjamurnya Kedai Kopi Kekinian di Indonesia.
Dr. Usman Effendi, S. S. (2016). Psikologi Konsumen.pdf. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Drs. M. Nursalim Malay, M. s. (2023). Belajar Mudah & Praktis Analisis Sata dengan SPSS dan JASP.
Goss-Sampson, M. A. (2019). Statistical Analysis In JAPS: A Guide For Students. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9980744
Gumilar, I. (2022). Bajawa Coffee Flores NTT, Kafe Musik Paling Hype di Bogor.
Gunawan, C. B., & Syahputra, S. (2020). Analisis Perbandingan Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop di Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 51–62. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.2935
Kristiana, M., & Edwar, M. (2017). Pengaruh Store Atmosfer dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 01, 2337–6708.
Liang, W.-K., & Wu, R.-A. (2012). Analysis of Coffee Shop Market - A Case Study of UK.
Media Perkebunan. (2020). UMKM Kota Bekasi Sajikan Kopi Khas.
Mulyana, M., & Maulana, M. (2013). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Implikasinya Terhadap Citra Perusahaan. 1(2), 195–204.
Novendra, D., Benar, & Masykura, I. (2019). Pengaruh Store Atmosfir terhadap Revisit Intention yang di mediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Survei pada Konsumen Klinik Bioderm Padang).
Nugroho, D. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel. Jurnal OE, VII, 158–174.
Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Asyik, Mudah & Bermanfaat.pdf.
Pojoh, dkk. (2019). Pengaruh Keanekaragaman Produk dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan Miniso Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi.
Priyono, P. I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan pada McDonald’s. Journal of Global Economics, 05(02). https://doi.org/10.4172/2375-4389.1000247
Pulukadang, A., Soegoto, A. S., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Quality Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21(6), 25–37.
Putri, L., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 15, Issue 2).
Putri, S. A., & Siaino. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Cafe Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Pelanggan Tipo Cafe Surabaya ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (PTN), 8(2), 784–790.
Sihombing, I. ., & Dewi, I. . (2019). Pemasaran dan Manajemen Pasar. Grip Penerbit CV. Budi Utama.
Silaningsih, E., & Fahrosi, M. (2020). Strategi Store Atmosfer Pada Rumah Makan Soto Bogor Maamar Jakarta. In Jurnal Visionida (Vol. 6).
Soebandhi, S., Wahid, A., & Darmawanti, I. (2020). Service Quality and Store Atmosphere On Customer Satisfaction and Repurchase Intention. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 13(1), 26. https://doi.org/10.26740/bisma.v13n1.p26-37
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Telusur Nusantara. (2023). Kopi Bajawa Flores Bekasi, Harga Menu & Lokasi.