Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261Kata Kunci:
Tantangan, Peluang, Pendidikan Tinggi, Covid-19Abstrak
As long as covid-19 vaccine has not been discovered,then teaching and learning activities will not run as before by face-to-face, but have changed by doing distance learning online, learning and work from home, social distancing and physical distancing. This has an impact on the emergence of changes in the implementation of the Tri Dharma Perguruan Tinggi activities, namely teaching and learning activities, research and community service, so that changes occur in the method of its implementation. The condition of the covid-19 pandemic is what creates threat and obstacles to be resolved and opportunity for college to be utilized. College opportunities to carry out technological transformation that began during the covid-19 pandemic. College opportunities have begun to open classes utilizing technology.
Selama belum ditemukannya vaksin covid-19, maka kegiatan belajar dan mengajar tidak akan berjalan seperti semula dengan cara melalui tatap muka, namun telah berubah dengan melakukan perkuliahan jarak jauh secara online, belajar dan bekerja dari rumah work from home dan social distancing serta physical distancing. Hal ini berdampak kepada timbulnya perubahan pada pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga terjadi perubahan dalam metode pelaksanaannya. Kondisi adanya pandemik covid-19 inilah yang menimbulkan tantangan hambatan untuk diselesaikan dan peluang kesempatan untuk dimanfaatkan oleh pendidikan tinggi. Peluang pendidikan tinggi untuk melakukan transformasi teknologi yang dimulai di masa pandemi covid-19. Peluang pendidikan tinggi mulai membuka kelas-kelas yang memanfaatkan teknologi.
Unduhan
Referensi
Aritonang, A. Y. (2020). Antisipasi Pandemi Covid-19, Tak Perlu Kurikulum Baru Pendidikan Tinggi,. https://waspada.id/nusantara/antisipasi-pandemi-covid-19-tak-perlu-kurikulum-baru-pendidikan-tinggi/
Dikti, D. (2020). Surat Dirjen Dikti Nomor : 302/E.E2/KR/2020 Tentang Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan.
Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di. BIOMA, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat, Vol.2. No., 14–20.
Nizam, P. D. D. (2020). Menakar Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19. http://www.dikti.go.id/highlight/menakar-pendidikan-pasca-pandemi-covid-19/?utm_source= feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+go%2Fdikti+%28Direktorat+Jenderal+Pendidikan+Tinggi%29
Nurhidayat. (2020). Problematika Pendidikan Tinggi Di Tengah Pandemi Covid-19 (Refleksi Hari Pendidikan). https://carapandang.com/read-news/problematika-pendidikan-tinggi-di-tengah-pandemi-covid19-refleksi-hari-pendidikan
Prodjo, W. A. (2020). Wabah Corona, Penerimaan Mahasiswa Baru di Sejumlah Kampus Swasta Menurun. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/17/070000171/wabah-corona-penerimaan-mahasiswa-baru-di-sejumlah-kampus-swasta-menurun
Santoso, Y. I. (2020). Ini delapan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia akibat wabah virus corona. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/ini-delapan-dampak-negatif-bagi-perekonomian-indonesia-akibat-wabah-virus-corona
Silaen, S. dan W. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media, Jakarta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Andi, Yogjakarta.
Susanto, A. (2020). Dilema Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19. http://pundi.or.id/2020/04/24/pendidikan-pasca-covid-19-pr-bagi-pemangku-kebijakan/
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, Vol.7, No., pp.295-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wahab, R. (2020). Tantangan dan Kesempatan Pendidikan Era Covid-19. https://arbaswedan.id/tantangan-dan-kesempatan-pendidikan-era-covid-19/
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, FK Universitas Lampung, Vol. 2, No, p.187-192.