Pembelajaran Perguruan Tinggi Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Murti Wijayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tyna Yunita Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Agus Dharmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.268

Kata Kunci:

Outside the Network, Distance Learning, In the Network, University

Abstrak

The education world now is entering an adjustment phase in teaching and learning process during the Covid-19 pandemic. Activities that are usually carried out offline (outside the network) face-to-face in the classroom, turn into online distance learning (in the network). In order to reduce the spread of the virus, the government issued a policy stating that all activities are carried out from home and utilize the technology as a supporting tool, including learning practices carried out by the universities. The limited online learning conditions between lecturers and students, overcome by the campus by preparing themselves to formulate policies and strategic steps, so that, the activity process on sharing topics lecture continue to run using e-learning application facilities. Likewise, Tri Dharma activities of higher education regarding research and community service. The use of technology with various platform applications during this pandemic is one of the researches breakthroughs used. Like it or not, online learning forces both lecturer and students to adapt. Implementation of community service activities that are generally carried out directly in the field, continues to run using the internet network through the provision of webinars (seminars on the web) or virtual work lecture (KKN) activities virtually.

Keywords: Outside the Network, Distance Learning, In the Network, University

 

Abstrak

Dunia pendidikan saat ini memasuki fase penyesuaian dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Kegiatan yang biasanya dilakukan secara luring (luar jaringan) tatap muka di ruang kelas, beralih menjadi pembelajaran jarak jauh dengan daring (dalam jaringan). Dalam rangka menekan laju penyebaran virus, pemerintah mengeluarkan kebijakan yang menyatakan bahwa semua aktivitas kegiatan dilakukan dari rumah dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana penunjangnya, termasuk praktik pembelajaran yang dijalankan oleh perguruan tinggi.  Kondisi pembelajaran yang terbatas secara daring antara dosen dan mahasiswa, diatasi pihak kampus dengan mempersiapkan diri menyusun kebijakan dan langkah strategis agar proses aktivitas kegiatan berbagi materi topik kuliah tetap berjalan menggunakan fasilitas aplikasi e-learning. Begitu pula dengan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi dalam hal riset dan pengabdian masyarakat. Penggunaan teknologi dengan bermacam platform aplikasi di masa pandemi ini merupakan salah satu terobosan riset yang digunakan. Mau tidak mau, suka tidak suka, pembelajaran secara daring “memaksa” para tenaga didik dan juga mahasiswa untuk beradaptasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang umumnya dilakukan secara langsung di lapangan, tetap berjalan menggunakan jaringan internet melalui pengadaan webinar (seminar dalam web) atau kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) secara virtual.

Kata kunci: Luar Jaringan, Pembelajaran Jarak Jauh, Dalam Jaringan, Perguruan Tinggi

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Murti Wijayanti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Tyna Yunita, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

  • Agus Dharmanto, Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Referensi

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
https://ubharajaya.ac.id
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7868
Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Retrieved from Jakarta, 28 Mei 2020 website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Kemendikbud, H. D. P. T. (2020). Praktik Baik Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36. Retrieved from http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Rohman, M. G., & Munif, M. (2020). PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. Joutica, 5(1), 350–355. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.414
SPADA Indonesia. (2019). Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019. Panduan Kementrian RISTEKDIKTI.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Pembelajaran Perguruan Tinggi Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19. (2020). Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 31-38. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.268