Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Burnout Kerja Pada Guru PAUD di Kecamatan Bekasi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31599/c8hbka24Kata Kunci:
self efficacy, burnout, guru pendidikan anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self-efficacy dengan burnout kerja pada guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bekasi Selatan. Masalah burnout pada guru menjadi perhatian karena dapat berdampak negatif terhadap kinerja profesional dan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan jumlah partisipan sebanyak 247 guru yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala self-efficacy dan skala burnout kerja yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis korelasi Spearman satu arah menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat antara self-efficacy dan burnout (r = 0,916). Namun, nilai signifikansi (p = 1,000) menunjukkan bahwa hubungan tersebut tidak signifikan dalam konteks pengujian hipotesis arah negatif. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan adanya hubungan negatif antara self-efficacy dan burnout tidak dapat diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam konteks penelitian ini, self-efficacy yang tinggi tidak secara signifikan berkaitan dengan rendahnya tingkat burnout pada guru Pendidikan Anak Usia Dini
Unduhan
Referensi
Ariani, N. W. T. (2021). Peran Efikasi Diri Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 96. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2190
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control.
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis. In TA - TT - (Eighth edi). Cengage Learning, EMEA. https://doi.org/LK - https://worldcat.org/title/1120646072
Hanifah, A. (2017). Hubungan Antara Sense of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa. 11(2), 45–52.
Maslach, C., & Jackson, S. E. (1981). The measurement of experienced burnout. Journal of Organizational Behavior, 2(2), 99–113. https://doi.org/10.1002/job.4030020205
Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Burnout. In Stress: Concepts, cognition, emotion, and behavior. (pp. 351–357). Elsevier Academic Press.
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943
Palupi, V., & Pandjaitan, L. (2022). Self Efficacy dan Burnout pada Guru. Keluwih: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.24123/soshum.v3i1.5225
Peck, D. (2024). Statistik Kelelahan Guru : Alasan Guru Berhenti pada Tahun 2024. 1–20.
Sayoga, S. A.-R., & Yudianto, I. (2024). Pengaruh Komitmen Pimpinan dan Kompetensi Aparatur Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Barang Milik Daerah Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 105–124.
Schwarzer, R., & Hallum, S. (2008). Perceived teacher self-efficacy as a predictor of job stress and burnout: Mediation analyses. Applied Psychology, 57(SUPPL. 1), 152–171. https://doi.org/10.1111/j.1464-0597.2008.00359.x
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy Scale. January 2021.
Shoji, K., Cieslak, R., Smoktunowicz, E., Rogala, A., Benight, C. C., & Luszczynska, A. (2016). Associations between job burnout and self-efficacy: a meta-analysis. Anxiety, Stress, & Coping, 29(4), 367–386. https://doi.org/10.1080/10615806.2015.1058369
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Teng, L., Ma, C., & Wang, L. (2020). The paradox of self-efficacy: When strong belief becomes a burden. Frontiers in Psychology, 11, 2439. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.564047
Zhou, M., Yao, J., & Chen, H. (2021). The role of teacher self-efficacy in burnout: Mediating and moderating effects of perceived organizational support. Teaching and Teacher Education, 105, 103428. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103428