Faktor Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Turis Di Tanjung Lesung Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.31599/jki.v20i2.548Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor kualitas pelayanan, harga dan kepuasan Turis asing dan nusantara di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Populasi adalah Turis asing dan nusantara yang berkunjung di Tanjung Lesung, sedangkan sampel yang digunakan adalah accidental sampling diperoleh responden berjumlah 140. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan analisis uji validitas, reliabilitas, uji t, uji F dan R square dengan software SPSS. Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Turis di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Provinsi banten. Daya tarik wisata sebagai indikator utama kualitas pelayanan dibandingkan indikator lainnya seperti fasilitas destinasi dan akksesibilitas menuju destinasi wisata. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Turis di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Provinsi banten. Harga kamar hotel sebagai indikator utama dibandingkan indikator lainnya seperti harga food and beverages, harga sewa kelengkapan olahraga dan professional fee for tour guide. Kualitas pelayanan dan harga sevara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Turis di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Pemandangan alam resor pantai pasir putih dengan latar belakang gelombang laut dan Anak Gunung Krakatau merupakan indikator utama kepuasan Turis dibandingkan indikator lainnya seperti beberapa kali kunjungan Turis, keamanan dan keselamatan serta kebersihan dan hygiene.
Unduhan
Referensi
Aliman, N. K., Hashim2, S. M., And, S. D. M. W., & Harudin1, S. (2016). Tourists’-Satisfaction-With-A-Destination: : An Investigation on Visitors to Langkawi Island. British Journal of Marketing Studies, 4(5), 1–20.
Alves, B., Benavente, J., & Ferreira, Ó. (2014). Beach Users’ Profile, Perceptions and Willingness to Pay for Beach Management in Cadiz (SW Spain). Journal of Coastal Research, 70(1), 521–526. https://doi.org/https://doi.org/10.2112/SI70-088.1
Amyot, J., & Grant, J. (2014). Environmental Function Analysis. A Decision Support Tool for Integrated Sandy Beach Planning. Ocean & Coastal Management, 102(Part A), 317–327. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2014.10.009
Azhar, M. E., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Sari, M. (2018). The role of marketing mix and service quality on tourist satisfaction and loyalty at Samosir. Revista Hospitalidade, 15(2), 124–137. https://doi.org/10.21714/2179-9164.2018v15n2.007
Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang. (2020). Wisatawan Asing dan Nusantara di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.
Gnanapala, W. K. A. (2015). Tourists Perception and Satisfaction: Implications for Destination Management. American Journal of Marketing Research, 1(1), 7–19.
Hau, T. C., & Omar, K. (2014). The Impact of Service Quality on Tourist Satisfaction: The Case Study of Rantau Abang Beach as a Turtle Sanctuary Destination. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(23), 1827–1832. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n23p1827
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition (P. Kotler & K. L. Keller (eds.); 15th ed.). Pearson. https://doi.org/10.4236/ait.2017.73004 2,059
Pemerintah Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2012. Pemerintah Republik Indonesia.
Rahman, A., Chin, Y. H., Haque, R., Pang, A., & Connie, G. (2011). Customer Satisfaction in Tourism Service Quality. Advanced Science, 4, 3398–3402. https://doi.org/10.4324/9781315858265.ch13
Soehardi, S., Anhar, B., Santoso, M. H., Miranto, S., & Rusdi, R. (2021). Kepuasan Wisatawan Mancanegara dan Nusantara Ditinjau dari Keselamatan , Keamanan , Kesehatan dan Hygiene di Desa Wisata Indonesia. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(1), 121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jki.v21i1.443
Somocor, M. (2017). Marketing Mix and Service Quality (SERVQUAL) Attributes as Determinants of Customer Satisfaction in Selected Three Star Hotels in Davao City. International Journal of Contemporary Applied Researches, 4(6), 134–188.