Work From Home Internship di Kantor Akuntan Publik: Bagaimana Pengaruhnya bagi Soft Skill Mahasiswa?
DOI:
https://doi.org/10.31599/jki.v21i3.704Kata Kunci:
Pandemi Covid-19, Internship, Soft Skill, Work from Home (WFH)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan soft skill apa saja yang terasah dan berkembang selama mahasiswa akuntansi melakukan magang secara WFH dikarenakan Pandemi Covid-19. Penelitian sebelumnya membuktikan bahwa program magang mampu mengembangkan soft skill mahasiswa yang tidak didapatkan di bangku kuliah. Namun belum ada penelitian lebih lanjut yang meneliti perkembangan soft skill mahasiswa jika magang yang dilakukan secara WFH. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara kepada 12 mahasiswa akuntansi yang telah menyelesaikan program magang di KAP Big 4 dan Non-Big 4 selama tiga bulan. Penelitian ini menemukan bahwa WFH Internship membantu mengembangkan soft skill mahasiswa berupa fleksibilitas dan adaptasi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan menyelesaikan masalah, manajemen waktu, tanggung jawab, dan inisiatif. Sedangkan untuk komunikasi, kolaborasi dan kerja tim kurang terasah karena minimnya interaksi secara langsung pada sistem WFH. Keterbatasan penelitian ini ada pada pemilihan informan yang semuanya berasal dari mahasiswa akuntansi Universitas Prasetiya Mulya. Penelitian ini memberikan informasi dan wawasan kepada berbagai pihak terkait bagaimana agar sistem Work from Home (WFH) yang diberlakukan juga untuk para intern tetap memberikan pengaruh yang dapat meningkatkan soft skill intern khususnya para intern dari akuntansi.