Sistem Literature Review: Analisis Penyebab Cerai Gugat Pada Keluarga Muslim di Indonesia Akibat KDRT

Authors

  • Heni Rohaeni UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN
  • Naf'an Tarihoran UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN
  • Aspandi UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN

DOI:

https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.2515

Keywords:

CERAI GUGAT , KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA, KELUARGA MUSLIM INDONESIA, CERAI GUGAT, KDRT, KELUARGA MUSLIM

Abstract

Perceraian cerai Gugat di Indonesia dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini   mengalami  peningkatan  yang cukup signifikan dan disebabkan oleh berbagai faktor,  Kekerasan Dalam Rumah Tangga, ekonomi, pendidikan, perselingkuhan, dan faktor lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab cerai gugat, keluarga muslin di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review berdasar big data melalui dan publish or perish Google Scholar dengan visualisasi VOS viewer. Penelitian ini berdasarkan pengkajian 1200 artikel penelitian yang dipublikasikan antara tahun 2020-2023.

Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa data, Analisis data menggunakan analisis kualitatif, artinya menguraikan data yang diolah secara rinci ke dalam bentuk kalimat- kalimat (deskritif). Analisis kualitatif dan analisis Yuridis normatif.  Dan data tersebut juga didapat langsung dari lembaga Pengadilan Agama seluruh Indonesia khususnya Pengadilan Agama rangkasbitung, yang menunjukan penyebab cerai gugat keluarga Muslim di Indonesia secara signifikan dipengaruhi oleh prilaku  kekerasan dalam rumah tangga.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Heni Rohaeni, UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN

    Penulis adalah seorang mahasiswa program doktor Hukum keluarga Islam di kampus Universitas Islam Negeri  Sultan Hasanudin Maulana Banten .

  • Naf'an Tarihoran, UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN

    Contributor 1 adalah seorang dosen di kampus UIN SHM Banten Serang

  • Aspandi, UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN

    Kontributor 2 adalah seorang dosen UIN SMH Banten 

References

Putusan Akhir Majelis Hakim Pengadilan Agama Rangkas Bitung No.Perkara : 20/Pdt.G/2024/PA.Rks

Moh. Makmun, I.R. (2018) ‘Cerai Gugat Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga,(Studi Putusan Hakim Di Pengadilan Agama Gresik)’, Jurnal Hukum Keluarga Islam, 3(2).

Setyaningrum, Ayu, A.R. (2019) ‘Analisis Upaya Perlindungan Dan Pemulihan Tehadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Khususnya Aanak-Anak Dan Perempuan’, Jurnal Ilmia, 3(1).

Agil Fathurohmah (2023) ‘Perlindungan Hukum bagi perempuan korban KDRT pada perkara cerai gugat’, Jurnal riset hukum keluarga islam, 3(1).

https://putusan3.mahkamahagung.go.id/search.html?q=khulu&page=11&os=2

https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jhki/article/view/1525

https://repository.uin-suska.ac.id/63336/

https://putusan3.mahkamahagung.go.id/pengadilan/profil/pengadilan/pa-siak-sri-indrapura.html

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Sistem Literature Review: Analisis Penyebab Cerai Gugat Pada Keluarga Muslim di Indonesia Akibat KDRT. (2024). KRTHA BHAYANGKARA, 18(2), 406-416. https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.2515