Kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik Guna Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Layanan Masyarakat

Authors

  • Andika Dwi Yuliardi Prodi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maharani Nurdin Prodi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31599/sasana.v9i1.1355

Keywords:

Public service; Regional autonomy; Authority of Regency/City Government

Abstract

The granting of regional autonomy in public services can realize equal distribution of rights received by the entire community and as a form of responsibility for local governments. For this reason, the government delegates its authority to the regions (provinces, districts and cities). However, there are still monotonous public services with snaking service queues and inadequate facilities, this indicates a lack of local government governance. The problem in this research is how to regulate and apply the authority of district/city governments in providing public services and what are the driving factors for district/city governments in providing public services so that community service needs can be met. The method in this study uses a normative juridical research type, namely research that focuses on studying the application of norms or rules in positive law. The results of the study indicate that the implementation of public services must be emphasized on a number of aspects, including: speed; accuracy; convenience; and justice. Therefore, a full contribution from the district/city government is needed so that public services can run well so that the rights of all people can be guaranteed.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Abdullah Sulaiman, 2012, Metode Penulisan Ilmu Hukum, YPPSDM, Jakarta.

Agussalim Andi Godjang, 2004, Pemerintah Daerah Kajian Publik dan Hukum. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Busrizalti. 2013. Hukum Pemda Otonomi Daerah dan Implikasinya, Yogyakarta :Total Media.

JimlyAssidiqqie, 2007, Pasal-Pasal Hukum Tata Negara Pasca Reformasi, Muara Ilmu Populer, Jakarta.

Johnny Ibrahim. 2006, Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif, Malang: Bayumedia Publishing.

Manan. Bagir, 1995, Sistem dan Teknik Pembuatan Peraturan PerundangUndangan Tingkat Daerah. PPU.LPPM.UIB, Bandung.

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru Jilid I & 2). Jakarta: Rineka Cipta.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sinambela, Lijan P. 2006. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi Sektor Publik. Cet.1 – Jkt STIA LAN 2008.

Peraturan Perundang-undangan:

Undang-Undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang No 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Jurnal :

Abdul Hamid. OTONOMI DAERAH DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, JURNAL ACADEMICA Fisip Untad VOL.03 No. 01 PEBRUARI 2011.

Dian Kus Pratiwi. MEKANISME DAN IMPLIKASI DESENTRALISASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP WEWENANG PEMERINTAH DAERAH DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Yuridis Vol. 1 No. 1, Juni 2014 : 73 – 89,

Eben B. C. Bansaleng. KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009. Lex Administratum, Vol. V/No. 2/Mar-Apr/2017.

JURNAL HUKUM SASANA | Volume 9 Number 1, June 2023

Kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik …

Firdaus A. I, Arnidiana. STRATEGI KOTA BEKASI DAN KOTA JAMBI DALAM PENGEMBANGAN INOVASI DIGITAL DAN KREATIVITAS MASYARAKAT. Jurnal Studi Inovasi Vol. 1 No. 1 (2021): 22-27.

Murdiansyah Herman. PENGARUH PERILAKU DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal As Siyasah, Vol. 3, No. 2, November 2018.

Muriany. T, Victor S. Ruhunlela. Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jublic Policy, Vol. 2, No. 1, Maret 2021.

Saputra. M, A.H. Rahadian. ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN CIMANGGIS, KOTA DEPOK. Jurnal Reformasi Administrasi Vol. 5, No. 1, September 2018, pp. 165-173.

Sari, M. A. P. (2014). Inovasi Pelayanan Publik Di Badan Penanaman Modal Public Services Innovation in Regional Board of Investment and Integrated Services ( Bpmpt ) At Kubu Raya Regency. Jurnal Borneo Administrator, 10(2), 214–234

Data Elektronik:

Tribunmuria.com, Hartopo Nilai Layanan Publik di Kudus Kurang Inovatif: Masih Monoton”. Diakses pada laman https://muria.tribunnews.com/2022/10/12/hartopo-nilai-layanan-publik-di-kudus-kurang-inovatif-masih-monoton. Pada tanggal 19 Oktober 2022.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik Guna Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Layanan Masyarakat. (2024). Jurnal Hukum Sasana, 9(1). https://doi.org/10.31599/sasana.v9i1.1355