Implementasi Metode Personal Extreme Programming Pada Pengembangan Sistem Informasi Surat Menyurat(Studi Kasus: Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tambrauw)

Authors

  • Alfin Lutfi Sidiq Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gita Indah Marthasari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Aminudin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31599/zsbj5v55

Keywords:

Sistem Informasi, Personal Extreme Programming, Black Box Testing, Surat Menyurat

Abstract

Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tambrauw mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang pendidikan serta tugas lain yang diberikan Bupati. Beberapa masalah yang terjadi dalam pelaksanaan proses bisnis pada pembuatan surat karena masih dilakukan secara manual sehingga pengelolaan surat yang berjalan saat ini masih banyak mengalami kendala. Maka dari itu, dibutuhkan dukungan teknologi informasi yang dapat mengelola sistem informasi surat menyurat yang dapat dibagun secara tepat dan cepat. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Personal Extreme Programming (PXP), yang merupakan metode dengan pengembang tunggal. Metode Personal Extreme Programming (PXP) memiliki tahapan penggalian kebutuhan, perencanaan, desain, implementasi, system testing, dan retrospective. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 13 user story, kemudian terjadi penambahan user story di tengah pengembangan sistem sehingga menjadi 15 user story. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan unit testing pada tahap implementasi, dan Black Box Testing, dimana akan dilakukan dengan menjalankan unit atau modul dan diamati hasil nya telah sesuai dengan fungsi yang diinginkan pada tiap iterasi. Hasil iterasi yang sudah dikerjakan memiliki hasil yang cukup memuaskan dengan rata – rata lebih cepat dari waktu estimasi. Estimasi waktu pengembangan sistem selama 40 hari. Akan tetapi dalam praktiknya, keseluruhan waktu pengembangan sistem bertambah 10 hari menjadi 50 hari dikarenakan penambahan user stories baru dan iterasi baru. Namun waktu implementasi yang dilakukan selama 37 hari lebih cepat 13 hari dari waktu estimasi yang telah ditentukan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yanti, Hariyanto, E., & Hardinata, R. S. (2022). Rancang bangun sistem informasi surat tugas online dengan metode prototype di PT PLN (Persero) Sumatera Utara. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(4), 400–406.

Sastra, R., Musyaffa, N., & Supriyadi, B. (2019). Perancangan sistem informasi penggajian menggunakan model Waterfall pada PT. Medina. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lancang Kuning (JTIULM), 4(2), 71–78.

Nugroho, A. C. (2019). Rancang bangun sistem informasi manajemen surat tugas berbasis web menggunakan Waterfall model. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 4(2), 146–151.

Wicaksono, M. A., Rudianto, C., & Tanaem, P. F. (2021). Rancang bangun sistem informasi arsip surat menggunakan metode prototype. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7(2), 390–403.

Rusdiana, L. (2018). Extreme Programming untuk rancang bangun aplikasi pengelolaan surat keterangan kependudukan. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(1), 49–55.

Marthasari, G. I., Suahrso, W., & Ardiansyah, F. (2018). Personal Extreme Programming with MoSCoW prioritization for developing library information system. In Proceeding of EECSI 2018 (pp. 537–540).

Ulfi, M., Marthasari, G. I., & Nuryasin, I. (2020). Implementasi metode Personal Extreme Programming dalam pengembangan sistem manajemen transaksi perusahaan (Studi Kasus: CV. Todjoe Sinar Group). Repositor: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika, 2(3), 261–268. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i3.619

Eriana, E. S., & Zein, A. (2021). Penerapan metode Personal Extreme Programming dalam perancangan aplikasi pemilihan ketua HMSI dengan Weighted Product. Jurnal Ilmu Komputer (JIK), 4(2), 26–32.

Kirsan, A. S., Arisa, N. N., & Insanittaqwa, V. F. (2022). Development of SIAKAD applications in Balikpapan schools using APXP: Advanced Personal Extreme Programming. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, 7(1), 97–109.

Azdy, R. A., & Rini, A. (2018). Penerapan Extreme Programming dalam membangun aplikasi pengaduan layanan pelanggan (PaLaPa) pada perguruan tinggi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2), 197–206. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852658

Mahendra, I., & Yanto, D. T. E. (2018). Agile development methods dalam pengembangan sistem informasi pengajuan kredit berbasis web (Studi Kasus: Bank BRI Unit Kolonel Sugiono). Jurnal Teknologi dan Open Source, 1(2), 13–24.

Fikri, A. M., & Artawan, I. P. D. (2020). Rancang bangun sistem informasi buku tamu pada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Balikpapan dengan metode Personal Extreme Programming. Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah, 14(2), 101–110.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Artikel