RESEPSI MAHASISWA TERHADAP MASKULINITAS MELALUI FASHION IDOL KPOP

(Studi Deskriptif Kualitatif Maskulinitas pada Fashion yang Ditampilkan dalam Music Video BTS “No More Dream” dan “Boy With Luv”)

Authors

  • Vina Nahdiyah Wahyuningtyas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Navi Dwi Agustiana

Keywords:

Resepsi, Maskulinitas, Fashion, K-Pop, BTS

Abstract

Fenomena K-Pop tidak hanya identik dengan musik. K-Pop juga dianggap berhasil memperkenalkan fashion Korea di dunia. BTS atau Bangtan Sonyeondan merupakan boy-groups yang dikenal sebagai salah satu trendsetter fashion laki-laki di Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi generasi milenials terhadap maskulinitas pada fashion yang ditampilkan dalam musik video BTS berjudul No More Dream dan Boy With Luv. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis resepsi audience dan teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview, observasi dan studi kepustakaan. Informan penelitian ini adalah tujuh orang yang masuk dalam kategori generasi milenials dan telah menonton music video BTS yang berjudul “No More Dream” dan “Boy With Luv”. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa maskulinitas itu tidak selalu tampak melalui fisik, melainkan lebih kepada sesuatu yang ada dari dalam diri mereka, seperti karakteristik, perilaku, dan sikap setiap individunya. Fashion BTS yang ada pada music video mereka dianggap memiliki karakter maskulinitas yang berbeda. Pakaian, aksesoris dan tata rambut serta make up para idol pada music video “No More Dream” dinilai menggambarkan kesan sosok bad boy.Sedangkan pada music video“Boy With Luv”, BTS ditampilkan dengan gaya penampilan pria dewasa. Penelitian ini juga menjelaskan tentang adanya pergeseran maskulinitas yang digambarkan pada fashionBTS. Maskulinitas tidak hanya terlihat dari penampilan fisik melainkan juga dari perilaku idol K-Pop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwin, Muhadjir. 2010. Maskulinitas: posisi laki-laki dalam masyarakat partriarkis,(http://lakilakibaru.or.id/2015/02/maskulinitas-posisi-lakilaki-dalam-masyarakat-patriarkis/, diakses tanggal 2 September 2019)

Fakih, Mansour. (2008). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles