Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang di Submit sudah bebas dari PLAGIARISME dan pelanggaran Hak Cipta lainnya
  • Artikel yang di Submit belum pernah dipublikasikan atau di submit ke jurnal lain sebelumnya

Author Guidelines

Artikel yang masuk perlu megikuti Pedoman Penulisan Jurnal KOMASKAM.

  1. Naskah berupa hasil penelitian atau studi kepustakaan yang bersifat objektif, sistematis, analitis dan deskriptif.
  2. Sistematika penuisan secara garis besarnya memuat judul, abstrak, pendahuluan (latar belakang, permasalahan, tujuan ruang lingkup dan metodologi), isi (tinjuana pustaka/bahan dan cara, hasil dan pembahasan), penutup (kesimpulan dan saran) dan daftar pustaka.
  3. Naskah asli, belum pernah dipublikasikan di media lain. Naskah yang pernah diajukan dalam pertemuan ilmiah harus diberi catatan kaki.
  4. Naskah diketik di computer menggunakan program Microsoft Word dengan jarak 1,5 spasi, jumlah halaman 14-20 lembar ukuran kwarto (termasuk gambar, table, ilustrasi dan daftar pustaka). Menyerahkan 1 (satu) soft copy dan hard copy.
  5. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, tulisan harus padat, sederhana, lugas dan komunikatif (mudah dimengerti). Kalimatnya singkat, jelas, tegas dan hemat kata dan tidak mendua/mengulang.
  6. Abstrak maksimum 150 kata ditulis dalam satu alinea dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  7. Daftar pustaka disusun tanpa nomor berdasarkan abjad, dengan menuliskan judul, nama pengarang, tahun terbitan, penerbit dan kota penerbit. Nama pengarang Indonesia di tulis sesuai dengan urutan namanya tanpa gelar. Kutipan disebutkan sumber (nama dan tahun).
  8. Isi tulisan bukan tanggung jawab redaksi. Redaksi berhak mengedit redaksional tanpa merubah arti.
  9. Penulis harus menjamin keabsahan tulisan dan tidak melanggar kode etik keilmuan serta tidak melanggar hak cipta.
  10. Keterangan lengkap dapat menghubungi redaksi jurnal.
  11. Daftar pustaka hanya membuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam artikel dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Gaya kutipan dapat menggunakan APA (American Psychological Association) dan disarankan memanfaatkan perangkat lunak reference manager.
  12. Gunakan Template Jurnal KOMASKAM untuk mempermudah penulisan artikel.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.