STRATEGI PESAN AKTOR POLITIK DALAM MEDIA SOSIAL

(Studi Kasus Akun Wali Kota Tangerang Selatan Banten)

Authors

  • Windhiadi Yoga Sembada UPN Veteran Jakarta
  • Priyono Sadjijo

Keywords:

Habitus, Komunikasi Politik, Komunikasi Digital

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan platform komunikasi digital yang digunakan oleh aktor politik sebagai kampanye komunikasi politik. Dalam penelitian ini menggunakan konsep Habitus dari Pierre Bordieau untuk melihat modal sosial yang tampak dalam media sosial mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi untuk melihat data secara lebih lengkap dan utuh. Dari penelitian terhadap jejak digital diperlihatkan strategi aktor politik yang bermain dalam akun- akun media sosial yang diciptakannya, merupakan strategi baru yang memberikan peluang peningkatan citra dan elektabilitas dalam Pemilukada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Hill, David T & Sen, Krishna. (2000). The Internet in Indonesia's new democracy. Democratization, 7:1, 119-136

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles